Skripsi
Eksplorasi Etnomatematika Pada Budaya Pasola Masyarakat Lamboya Dan Integrasinya Dalam Pembelajaran Matematika
XMLTujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan etnomatematika pada aktivitas budaya pasola masyarakat Lamboya dan integrasinya dalam pembelajaran matematika.
Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Sumba Barat Kecamatan Lamboya, dengan narasumber sebanyak empat orang. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian kualitatif eksploratif. Peneliti sebagai instrumen utama yang berperan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat etnomatematika dalam aktivitas budaya pasola masyarakat Lamboya yaitu aktivitas menghitung (counting), aktivitas menentukan (locating), aktivitas mengukur (measuring), aktivitas merancang (design), aktivitas permainan (playing), dan aktivitas menjelaskan (explaining). Sehingga ditemukan konsep matematika sekolah diantaranya yaitu konsep penjumlahan, konsep perkalian, konsep pengukuran dan konsep geometri (persamaan garis lurus, bangun ruang kerucut, bangun datar persegi panjang dan lingkaran). Dengan demikian konsep-konsep matematika sekolah dalam budaya pasola masyarakat Lamboya dapat dikembangkan dengan membuat lintasan belajar, sehingga memberi inovasi baru dalam pembelajaran matematika di sekolah.
Kata Kunci: Budaya, Etnomatematika, Pembelajaran Matematika
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Diani Ayunita Bayo - Personal Name
|
Student ID |
1801030057
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Ketua Penguji
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Penguji 1 Magdalena Wangge - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Bay E
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |