Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Gerak pada Manusia Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Amarasi Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Gerak pada Manusia Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Amarasi Timur

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan mengetahui hasil belajar siswa kelas XI setelah menggunakan model pembelajaran NHT. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 13 dan 16 januari 2021 di SMA Negeri 1 Amarasi Timur.
Penelitian ini adalah penelitan tindakan kelas yang dilakukan secara sikluitas melalui beberapa tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar.
Dari hasil analisis data pada siklus I , rata-rata kelas pada uji aktivitas peserta didik mencapai 3,91 dengan presentase 78% dan pada siklus II rata-rata mencapai 4,67 dengan presentase 93,5%. Pada uji keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran rata-rata mencapai 3,41 dengan presentase 85% dan pada siklus II rata-rata 3,79 dengan presentase 94%. Hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai rata-rata 74,55 dengan presentase 65% dan pada siklus II rata-rata meningkat hingga 85,05 dengan presentase 90%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran NHT berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik.
*Kata kunci : Numbered Head Together, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1601040057
Dosen Pembimbing
SRI SUMIYATI - 195610041982032001 - Dosen Pembimbing 1
THOMAS LION - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 TAH P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA