Skripsi
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Peluang Untuk Siswa Kelas Viii Smp Negeri 6 Kota Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran matematika mobile learning berbasis android pada materi peluang untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Kupang yang valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi android yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan valid, praktis dan efektif. Hasil kelayakan media tersebut diperoleh dari penilaian ahli materi dengan rata-rata 4,2 sehingga dikategorikan “sangat valid” dan penilaian ahli media 4,6 sehingga dikategorikan “sangat valid”, hasil tes evaluasi peserta didik untuk uji coba skala besar memperoleh presentasi kelulusan sebesar 84% yang mana termasuk dalam kategori “sangat efektif” dan untuk uji coba skala kecil memperoleh presentasi kelulusan sebesar 80% yang mana termasuk dalam kategori “efektif”, sedangkan untuk rata-rata respon penggunaan dari guru mata pelajaran 4,57 dan respon peserta didik untuk media pembelajaran ini untuk uji coba skala besar adalah 4,21 dan untuk uji coba skala kecil adalah 4,25 sehingga termasuk dalam kategori “sangat praktis”.
Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Berbasis Android, Peluang
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Sarci Marselina Elisabet Nauk - Personal Name
|
Student ID |
1701030008
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Nau P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |