Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPA Kelas V SD Inpres Buraen II (Penelitian Tindakan Kelas)

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPA Kelas V SD Inpres Buraen II (Penelitian Tindakan Kelas)

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa muatan IPA melalui model Think Pair Share di kelas V SD Inpres Buraen II? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPA model Think Pair Share di kelas V SD Inpres Buraen II. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, Observasi dan refleksi, dengan mengambil lokasi di SD Inpres Buraen II kelas V. Subjek penelitian ini adalah siswa/I kelas V berjumlah 18 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata kelas 68,89 meningkat menjadi 81,11 pada siklus II, dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II 12,22. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 66,67% meningkat menjadi 100% pada siklus II, dengan peningkatan presentase 33.33%. Aktivitas siswa pada siklus I 64,41 menjadi 82,55 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 17,14, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Think Pair Share dalam pembelajaran tentang wujud dan sifat benda serta perubahan wujudnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Inpres Buraen II.
Kata Kunci : Model Think Pair Share, Wujud dan Sifat Benda, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Rut Imelda Tae Buraen - Personal Name
Student ID
1701140205
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty R. Koroh - - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86207 AEN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA