Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPA Kelas V SD Inpres Buraen II (Penelitian Tindakan Kelas)
XMLRumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa muatan IPA melalui model Think Pair Share di kelas V SD Inpres Buraen II? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPA model Think Pair Share di kelas V SD Inpres Buraen II. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, Observasi dan refleksi, dengan mengambil lokasi di SD Inpres Buraen II kelas V. Subjek penelitian ini adalah siswa/I kelas V berjumlah 18 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata kelas 68,89 meningkat menjadi 81,11 pada siklus II, dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II 12,22. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 66,67% meningkat menjadi 100% pada siklus II, dengan peningkatan presentase 33.33%. Aktivitas siswa pada siklus I 64,41 menjadi 82,55 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 17,14, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Think Pair Share dalam pembelajaran tentang wujud dan sifat benda serta perubahan wujudnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Inpres Buraen II.
Kata Kunci : Model Think Pair Share, Wujud dan Sifat Benda, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Rut Imelda Tae Buraen - Personal Name
|
Student ID |
1701140205
|
Dosen Pembimbing |
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty R. Koroh - - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1 Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86207 AEN P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |