Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 1 Di Sd Inpres Oepura 2 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 1 Di Sd Inpres Oepura 2 Kupang

XML

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada tema 9 subtema 2 pembelajaran 1 di SD Inpres Oepura 2 Kupang. Metode penelitian yang digunakan yaitu teknik deskriptif kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dengan mencari rata-rata kelas pada subjek penelitian berjumlah 16 orang, dengan rincian laki-laki berjumlah 11 orang, dan perempuan berjumlah 5 orang.Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Oepura 2 Kupang, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada kegiatan pra siklus, skor dari 16 subjek penelitian yang tuntas 6 orang siswa (37,5%) dan yang tidak tuntas 10 orang siswa (62.5%) . Sedangkan pada skor siklus I dari 16 subjek penelitian yang tuntas 9 orang siswa (56.25%) dan yang tidak tuntas berjumlah 7 orang siswa (43.75%). Selanjutnya skor siklus II dari 16 subjek penelitian yang tuntas 15 orang siswa (93.75%) dan yang tidak tuntas berjumlah 1 orang siswa (6.25%).Sesuai hasil penelitian di atas maka dapat disimpilkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada tema 9 subtema 2 pembelajaran 1 di SD Inpres Oepura 2 Kupang
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, dan Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik


Detail Information

Item Type
Penulis
MILTIADES KARTIBA - Personal Name
Student ID
1801140025
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Kar P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA