Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman untuk Mengidentifikasi Pokok Pikiran dalam teks Bacaan Melalui Penggunaan Metode Speed Reading pada Siswa Kelas V SD GMIT Ajaobaki Kabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman untuk Mengidentifikasi Pokok Pikiran dalam teks Bacaan Melalui Penggunaan Metode Speed Reading pada Siswa Kelas V SD GMIT Ajaobaki Kabupaten Timor Tengah Selatan

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan membaca pemahaman untuk mengidentifikasi pokok pikiran dalam teks bacaan melalui penggunaan metode speed reading pada siswa kelas V SD GMIT Ajaobaki Kabupaten Timor Tengah Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman untuk mengidentifikasi pokok pikiran dalam teks bacaan melalui penggunaan metode speed reading pada siswa kelas V SD GMIT Ajaobaki Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur sebagai berikut: Perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi dengan mengambil lokasi di SD GMIT Ajaobaki Kabupaten Timor Tengah Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V yang berjumlah 28 orang yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Data yang dikumpulkan diolah dan dianalisis menggunakan rumus teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian pada siklus I observasi terhadap aktivitas guru, jumlah skor yang diperoleh adalah 45 dengan nilai 75 dengan kategori baik. Kemudian pada siklus II, observasi aktivitas guru diperoleh skor 54 memperoleh nilai 90 dengan kategori sangat baik. Peningkatan aktivitas guru dari siklus I ke siklus II adalah 15. Pada observasi terhadap aktivitas siswa siklus 1, jumlah skor yang diperoleh adalah 873 dengan nilai 77,94 dan mendapat kriteria baik. Sedangkan pada siklus II jumlah skor yang diperoleh meningkat menjadi 1016 dengan nilai 90,71 dan mendapat kriteria sangat baik. Hasil tes kemampuan membaca pada siklus I adalah 103 kpm (kecepatan permenit) dan jumlah skor 1680 dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 60 dengan persentase 25%, di mana 7 orang siswa telah mencapai kriteria ketuntasan yang ditentukan dan 21 orang belum mencapai ketuntasan yang ditentukan. Sedangkan pada siklus II adalah 197 kpm (kata permenit) dan jumlah skor 2595 dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 92,67 dengan persentase 85,71%, di mana 24 siswa telah mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditentukan dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 55. Sedangkan tes pemahaman membaca siswa pada siklus I, skor yang diperoleh 1490 dengan nilai rata-rata 53,21 dengan persentase 42,85% Di mana 12 orang telah mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditentukan dan 16 orang belum mencapai kriteria ketuntasan yang ditentukan. Sedangkan untuk tes pemahaman siklus II, skor yang diperoleh 2290 dengan nilai rata-rata 81,78 dengan persentase 92,85%, di mana 26 orang telah mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditentukan dan 2 orang belum mencapai kriteria ketuntasan yang ditentukan dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 50. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode speed reading dalam meningkatkan kemampuan membaca cepat pada siswa kelas V SD GMIT Ajaobaki Kabupaten Timor Tengah Selatan dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat.
Kata kunci: speed reading, kemampuan membaca


Detail Information

Item Type
Penulis
Ayu Isabela Kase - Personal Name
Student ID
1701140114
Dosen Pembimbing
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1
Margaritha M. Karu - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Kas P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA