Skripsi
Pengaruh Peran Orangtua Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDI Nunbaun Delha
XMLSkripsi oleh Ardi Yanto Dju. PGSD 2022 dengan judul “pengaruh peran Orangtua dan kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa SDI Nunbaun Delha”. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara peran Orangtua terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDI Nunbaun Delha?, (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDI Nunbaun Delha?, (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara peran Orangtua dan kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDI Nunbaun Delha? Instrumen pengukuran berupa angket yang dikembangkan oleh peneliti. Instrumen divalidasi isi dan analisis item setelah uji coba. Reliabilitas test menunjukan nilai alphacrobbach’ssebesar 0,60 sehingga layak untuk digunakan. Penilitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Nunbaun Delha yang berjumlah 46 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik random sampling Sehingga diperoleh sampel 23 orang. Analisis data dilakukan melalui tahap (1) uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji multikulinearitas dan (2) uji hipotesis penelitian yang meliputi analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan : (1) ada pengaruh yang signifikan antar peran Orangtua terhadap hasil belajar dengan hasil statistik uji t untuk variabel Orangtua diperoleh nilai thitung sebesar 4,113 dan nilai ttabel 2,07 dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 lebih <0,05 dan koefisien regresi mempunyai nilai posetif sebesar 0,276 jadi hipotesis diterima, (2) ada pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar dengan hasil uji statistik uji t variabel kedisiplinan siswa diperoleh nilai thitung sebesar 3,593 dan ttabel 207 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001>0,05 dan koefesien regresi mempunyai nilai posetif sebesar 0,306 maka hipotesis diterima dan (3) ada pengaruh yang signifikan antar peran Orangtua dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar dengan hasil nilai F hitung sebesar 7,348 dengan signifikansi sebesar 0,003. Berdasarkan hasil uji diperoleh nilai Fhitung sebesar 7,348 dan lebih besar dari nilai Ftabel 3,49. Oleh karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,004<0,05). Sehingga hipotesis dinyatakan diterima.
Kata Kunci: peran Orangtua, kedisiplinan belajar, hasil belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Ardi Yanto Dju - Personal Name
|
Student ID |
1701140132
|
Dosen Pembimbing |
HIWA WONDA - 196201231988031001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota, S.Pd, M.Pd - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. Petrus Ly, M.Si - 19591211 198601 1 002 - Ketua Penguji
Dr. Hiwa Wonda, S.Pd, M.Pd - 19620123 198803 1 001 - Penguji 1 Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 DJU P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |