Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achivement Devision (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Di Kelas IV SD Negeri Oeledo

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achivement Devision (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Di Kelas IV SD Negeri Oeledo

XML

Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar PKn di kelas IV SD Negeri Oeledo.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni, teknik observasi untuk mencatat aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan dalam dua siklus dan tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data-data dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kriteria ketuntasan yang peneliti dianggap berhasil
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Devision (STAD) terbukti meningkatkan hasil belajar siswa. kinerja guru pada siklus I berada pada kategori baik, yaitu 73,75 dan meningkat lagi pada siklus II berada pada kategori sangat baik yaitu 95. Keaktifan siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yakni, pada siklus I siswa berada pada kategori baik yaitu 71,15 dan meningkat lagi pada siklus II berada pada kategori baik sekali yaitu 87,08. Demikian juga dengan hasil tes perolehan yang mengalami peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I hasil tes perolehan nilai ketuntasan belajar klasikal 66,15 berada pada kategori cukup baik, mengalami peningkatan pada siklus II berada pada kateori baik sekali dengan ketuntasan belajar klasikal 83,84 artinya bahwa sudah menjawab indikator yang ditentukan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Rini Kendinari Adoe - Personal Name
Student ID
1701140212
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ado P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA