pelaksanaan tugas dan wewenang kepala desa dalam pembangunan desa pada masa pandemi covid-19 di desa waka dan desa gololajang barat kecamatan pacar kabupaten manggarai barat

Detail Cantuman

Skripsi

pelaksanaan tugas dan wewenang kepala desa dalam pembangunan desa pada masa pandemi covid-19 di desa waka dan desa gololajang barat kecamatan pacar kabupaten manggarai barat

XML

Pembangunan desa merupakan upaya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat desa secara menyeluruh dan juga bertujuan kesejahteraan,kemakmura dan keadilan sosial masyarakat desa. Selama masa pandemic covid-19 mengalami perubahan diberbagai aspek kehidupan dan juga berdampak pada pembangunan nasional sampai pembangunan desa. Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Sejauh manakah pelaksanaan tugas dan wewenang kepala desa dalam pembangunan desa pada masa pandemi covid-19 di Desa Waka dan Desa Gololajang Barat Kecamatan Pacar Kabupaten Manggarai Barat? (2) Apa sajakah faktor yang menghambat pelaksanaan tugas dan wewenang kepala desa dalam pembangunan desa pada masa pandemi covid-19 di Desa Waka dan Desa Gololajang Barat Kecamatan Pacar Kabupaten Manggarai Barat? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan tugas dan wewenang kepala desa dalam pembangunan desa pada masa pandemi covid-19 di Desa Waka dan Desa Gololajang Barat dan faktor pengahambat pelaksanaan tugas dan wewenang kepala desa dalam pembangunan desa pada masa pandemi covid-19 di Desa Waka dan Desa Gololajang Barat.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian yuridis empiris. Moteode penentuan sampel dilakukan dengan cara penujukan dari populasi yang ada. Semua data yang ada diperoleh dan dikumpulkan dari data primer, data sekunder, dan data tersier yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1)pelaksanaan tugas dan wewenang kepala desa dalam pembangunan di Desa Waka dan desa Gololajang Barat selama pandemic covid-19 sudah melakukan tugasnya dalam penanganan covid-19 dalam aspek pendidikan, kesehatan dan ekonomi. (2)Adapun penghambat pelaksanaan pembangunan desa selama masa pandemi yaitu kendala dalam ketersediaan dana dan sarana dan prasana dalam penangan covid-19. Bagi pemerintah diharapkan dalam menganggarkan dana harus adanya anggaran dana darurat supaya jika terjadi bencana seperti pandemi covid-19 tidak mengurangi anggaran dari program-program yang lain, melatih mengoperasikan alat eklektronik kepada aparat desa sehingga dapat membantu sarana dalam melancarkan pembanggunan desa, terus mensosialisasikan kepada masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan.


Kata Kunci: Pelaksanaan, Tugas, Wewenang, Pembangunan, Desa, Covid-19


Detail Information

Item Type
Penulis
Enjelberta E. Gatar - Personal Name
Student ID
1802010019
Dosen Pembimbing
Rafael R Tupen, S.H.HUM - 196404201992031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hernimus Ratu Udju, S.H.M.H - 19610428198901001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
ILMU HUKUM
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 Gat P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA