Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Energi Di Kelas IV Sekolah Dasar Inpres Nununafo

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Energi Di Kelas IV Sekolah Dasar Inpres Nununafo

XML

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa tentang energi di kelas IV SD Inpres Nununafo. Mata pelajaran IPA yang banyak menuntut siswa untuk mengingat materi sedangkan selama ini guru hanya menggunakan metode konvensional seperti ceramah, tanya jawab dan diskusi sehingga siswa kurang memahami materi yang telah disampaikan. Oleh karena itu, metode demonstrasi menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA karena metode demostrasi memungkinkan siswa untuk mengingat banyak materi dengan cara mengalami secara langsung dan menyenangkan. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Inpres Nununafo Kabupaten Timor Tengah Selatan yang berjumlah 12 orang siswa. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental desaigns (Nondesigns) bentuk One-Group Prestest- Postest. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes pilihan ganda. Sebelum memberikan perlakuan siswa diberi soal untuk mengetahui kemapuan awal siswa, rata-rata nilai hasil prestes yaitu 30,67. Kemudian dalam proses pembelajaran diberikan perlakuan menggunakan metode demonstrasi. Selanjutnya siswa diberikan soal tes untuk mengetahui apa ada peningkatan, rata-rata nilai hasil postest yaitu 86 mengalami peningkatan. Data hasil belajar dianalisis dengan mengunakan uji normalitas, uji homegenitas, dan uji t (hipotesis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian yang dilakukan dalam proses pembelajaran menggunakan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa materi energi di kelas IV SD Inpres Nununafo meningkat. Hasil uji t juga menunjukan nilai thitung (10,450) > ttabel (2,201), maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan belajar menggunakan metode demonstrasi. Berdasarkan hasil analisis dan penguji data, maka peneliti menyimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Nununafo Timor Tengah Selatan (TTS).

Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA


Detail Information

Item Type
Penulis
Marta Cristanti Bell - Personal Name
Student ID
1601140234
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 BUAH S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA