Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Game Pada Materi Lingkaran Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Sulamu

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Game Pada Materi Lingkaran Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Sulamu

XML

Perkembangan teknologi di bidang pendidikan semakin pesat, sehingga menuntut guru untuk lebih kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi dengan memanfaatkan power point. Permainan Edukatif merupakan salah satu contoh media pembelajaran yang telah dirancang khusus untuk mengajar siswa tentang topik tertentu dan membantu siswa dalam belajar dengan cara bermain. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis power point game pada materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 1 Sulamu untuk mengetahui kelayakan media yang meliputi 3 aspek yaitu valid, praktis dan efektif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) serta model yang digunakan dalam proses pengembangan media ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kevalidan, teknik analisis kepraktisan dan teknik analisis keefektifan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan yang valid, praktis dan efektif. Rata- rata total kevalidan oleh ahli materi adalah 4,5 dan ahli media adalah 4,4 dengan kategori “valid”. Rata-rata total kepraktisan dari guru adalah 4,75 dan peserta didik pada uji coba kelompok kecil dan besar adalah 4,57, dengan kategori “praktis”. Persentase ketuntasan pada uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 100% dengan kategori “sangat efektif”, pada uji coba kelompok besar diperoleh hasil 85% dengan kategori “sangat efektif”, sehingga media pembelajaran berbasis power point game sangat layak untuk digunakan.

Kata Kunci: Power point, Game, Media pembelajaran, Lingkaran.


Detail Information

Item Type
Penulis
YIGDAHLIA SA'U - Personal Name
Student ID
1701030007
Dosen Pembimbing
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Magdalena Wangge - 19930315 201903 2 026 - Ketua Penguji
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Penguji 1
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Sa'u P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA