Promosi Kearifan Lokal Dalam Pengembangan Pariwisata (Studi Pada Kampung Adat Takpala Kecamatan Alor Tengah Utara Kabupaten Alor)

Detail Cantuman

Skripsi

Promosi Kearifan Lokal Dalam Pengembangan Pariwisata (Studi Pada Kampung Adat Takpala Kecamatan Alor Tengah Utara Kabupaten Alor)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kearifan lokal
yang ada di Kampung Adat Takpala, serta untuk mendeskripsikan pelaksanaan promosi
kearifan lokal di Kampung Adat Takpala yang sudah dijalankan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Alor. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan informan potensial sebagai sumber data, data-data disajikan melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan kearifan lokal berdasarkan wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam suatu masyarakat berupa tarian tradisional Lego-Lego dan Cakalele, kerajinan, berkebun serta berburu. Kearifan lokal berdasarkan wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia, rasa dan karsa berupa rumah adat Fala Foka, Kolwat dan Kanuruat, Mesbah, alat musik berupa Gong dan Moko, benda pusaka berupa Moko, Parang, Tombak, Anak Panah dan busur. Serta hasil aktivitas kerajinan, berkebun dan berburu berupa kalung, gelang, cincin, alat masak, tas, serta binatang hasil berburu yang digunakan jika hanya ada upacara adat. Penelitian ini juga menemukan bahwa pelaksanaan promosi kearifan lokal dalam pengembangan pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Alor ialah periklanan melalui media cetak, media elektronik, media luar ruangan dan juga media lini bawah. Serta adanya penjualan pribadi berupa Tour Guide, Word Of Mouth. Dalam melakukan promosi, Dinas Pariwisata Kabupaten Alor dirasa sudah efektif namun belum begitu signifikan karena hanya menggunakan beberapa jenis promosi berupa Periklanan, Penjualan Pribadi dan Word Of Mouth.


Detail Information

Item Type
Penulis
FADLI GINI - Personal Name
Student ID
1703020230
Dosen Pembimbing
ABAS KASIM - 196004141988031008 - Dosen Pembimbing 1
Juita L.D. Bessie - 198410142010122006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Abas Kasim - 196004141988031008 - Ketua Penguji
Andreas Siwa Wunu Langga - 195804231988031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63211
Edisi
Published
Departement
Administrasi Bisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.11 Gin F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA