Efektivitas Program Keluarga Berencana (KB) Dalam pencegahan stunting Di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS)

Detail Cantuman

Tesis

Efektivitas Program Keluarga Berencana (KB) Dalam pencegahan stunting Di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS)

XML

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di Kabupaten Timor Tengah Selatan tentang bagaimana menganalisis efektivitas program keluarga berencana dalam pencegahan stunting di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data adalan observasi/pengamatan, dokumentasi, dan wawancara. Data yang sudah dikumpulkan akan disajikan dengan mereduksi data yang tidak diperlukan dalam penelitian. Setelah itu dilakukan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan tentang analisis efektivitas didasarkan pada: Pertama, pendistribusian target dan penajaman sasaran program keluarga berencana di masyarakat, sehingga pelaksanaan program keluarga berencana dapat diterima oleh masyarakat melalui metode sosialisasi, KIE, bakti sosial pelayanan keluarga berencana serta pendampingan keluarga dengan membentuk tim pendamping keluarga di tingkat desa juga pendampingan calon pengantin sebelum memulai kehamilan melalui aplikasi Elsimil dalam upaya pencegahan stunting. Adanya respon positif dalam penyelenggaraan progam keluarga berencana dengan meningkatnya pencapaian program keluarga berencana melalui kesertaan keluarga berencana menggunakan metode kontrasepsi jangka panjang dan kesertaan dalam bina keluarga balita untuk mendapatkan pengetahuan pola asuh dan tumbuh kembang balita sehingga kasus stunting dapat dicegah dilihat dari penurunan angka stunting yang semakin baik dari tahun ke tahun. Kedua, adanya faktor penghambat dalam terlaksananya efektivitas program keluarga berencana dalam pencegahan stunting yaitu faktor sumber daya manusia dan anggaran serta masih adanya pengaruh budaya dan gaya hidup masyarakat.
Dari hasil penelitian tersebut, program keluarga berencana dalam pencegahan stunting dianggap efektif dan memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya kesehatan ibu dan balita, sehingga program ini perlu terus dilanjutkan, dan perlu adanya dukungan dan pendampingan dari berbagai sektor untuk terus bersama-sama menurunkan angka stunting.

Kata Kunci: Efektifitas, Program Keluarga Berencana, Pencegahan, Stunting


Detail Information

Item Type
Penulis
Fitri Dwi Susanti - Personal Name
Student ID
1811020018
Dosen Pembimbing
LAURENSIUS P SAYRANI - 197802052006041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ajis Salim Adang Djaha - 196404051990031004 - Ketua Penguji
Nursalam - 196410091991031001 - Penguji 1
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63001
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
631.01 Sus E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA