Perancangan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Kabupaten Belu Di Kota Atambua Dengan Pendekatan Eco-Office

Detail Cantuman

Skripsi

Perancangan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Kabupaten Belu Di Kota Atambua Dengan Pendekatan Eco-Office

XML

Kabupaten Belu merupakan salah satu daerah yang strategis karena berbatasan dengan negara Timor Leste. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Belu mengembangkan daerah dengan bantuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam hal pembangunan infrastruktur wilayah. Dalam hal ini, kantor dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menjadi ikon utama dalam pengembangan infrastruktur. Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat harus memiliki tatanan yang sesuai dengan peraturan gedung pemerintahan, sarana prasarana kantor yang sesuai dengan standar yang memadai.
Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Belu memiliki beberapa kekurangan, seperti: keadaan ruang kantor tidak memadai, penataan letak perabot yang belum optimal, lahan parkir yang tidak memadai, tidak ada ruang arsip dan letak gedung kantor yang berbeda lokasi dan berjarak cukup jauh, sehingga menghambat pekerjaan pengguna kantor. Berdasarkan permasalahan di atas, perlu dilakukan perancangan dengan menggunakan standar gedung pemerintahan sesuai dengan peraturan yang berlaku, agar sarana dan prasarana kantor lebih memadai.
Metode perancangan menggunakan teknik survey, observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Perancangan Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Belu menggunakan konsep eco-office yang berfokus pada 3 prinsip, yaitu: organisasi ruang, material ramah lingkungan, sistem operasional yang ramah lingkungan (sistem pencahayaan dan penghawaan alami, open space, sistem kran otomatis, sistem perawatan bangunan). Hasil desain yang menerapkan 3 prinsip dari perancangan ini yaitu: organisasi ruang sesuai kebutuhan pengguna, menggunakan material bambu dan kayu pada furniture, menerapkan double fasad tanaman merambat, menggunakan atap skylight, menerapkan open space dan menghadirkan taman di dalam bangunan.

Kata Kunci: kantor, kenyamanan termal


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1706090085
Dosen Pembimbing
APLIMON JEROBISONIF - 197704042006041002 - Dosen Pembimbing 1
Debri A. Amabi - 880923419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Theodora M. C. Tualaka - 199103212019032020 - Ketua Penguji
Debri A. Amabi - 8809323419 - Penguji 1
Aplimon Jerobisonif - 197704042006041002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
23201
Edisi
Published
Departement
Arsitektur
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
232.01 BAR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA