Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Pada Materi Pokok Pelestarian Lingkungan Hidup Di Sma Negeri 1 Tasifeto Barat Tahun Pelajaran 2021/2022

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Pada Materi Pokok Pelestarian Lingkungan Hidup Di Sma Negeri 1 Tasifeto Barat Tahun Pelajaran 2021/2022

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik adalah perubahan perilaku secara positif serta kemampuan yang dimiliki peserta didik dari suatu interaksi tindak belajar dan mengajar yang berupa hasil belajar intelektual, atau pengetahuan dan pemahaman dalam proses pembelajaran berlangsung di kelas, sikap dan keterampilsan dalam mennyampaikan kemampuannya untuk menerima pengalaman belajar. Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik adalah guru dalam mengajar belum menerapkan model yang tepat sesuai dengan kurikulum 2013, siswa belum terlibat aktif dalam proses pembelajaran, sumber belajar yang belum memadai sehingga siswa lebih banyak mendengarkan guru dari pada belajar secara mandiri di Kelas XI SMA Negeri 1 Tasifeto Barat materi pokok pelestarian lingkungan hidup Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Tasifeto Barat Tahun Pelajaran 2021/2022 dan Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2, Peserta didik kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yaitu diberikan model Problem Based Learning, sedangkan peserta didik kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol diberikan model pembelajaran Langsung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1). Rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model problem based learning yaitu 51,42 meningkat menjadi 79,28 Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran langsung yaitu 53,14 meningkat menjadi 76,14 (2). Hasil uji anacova satu arah (one way-anacova) diperoleh nilai probabilitas (sig.) 0,00 lebih kecil dari nilai signifikan yang ditetapkan yaitu 0,05. Dengan demikian Ha yang mengatakan “ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Tasifeto Barat Tahun Pelajaran 2021/2022 materi pokok Pelestarian Lingkungan Hidup tahun pelajaran 2021/2022.” diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Tasifeto Barat materi pokok Pelestarian Lingkungan Hidup tahun pelajaran 2021/2022.

Kata kunci: Pengaruh, Model problem based learning, Materi Pokok Pelestarian Lingkungan Hidup, Hasil Belajar Peserta Didik.


Detail Information

Item Type
Penulis
MATILDA TAY FOUK - Personal Name
Student ID
1701100082
Dosen Pembimbing
MIKAEL SAMIN - 196209181990031003 - Dosen Pembimbing 1
Sunimbar - 198901012019032025 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mikael Samin - 196209181990031003 - Ketua Penguji
Sunimbar - 19890101201903025 - Penguji 1
Muhammad Husain Hasan - 198806022019031012 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Geografi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 OUK P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA