PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN TEMA 5 PAHLAWANKU SUB TEMA 1 TOKOH-TOKOH PEJUANG PARA PAHLAWAN PEMBELAJARAN 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN NAKOL KEC. INSANA TENGAH TTU

Detail Cantuman

Jurnal

PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN TEMA 5 PAHLAWANKU SUB TEMA 1 TOKOH-TOKOH PEJUANG PARA PAHLAWAN PEMBELAJARAN 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN NAKOL KEC. INSANA TENGAH TTU

XML

ABSTRAK
Skripsi Oleh MARIA ROBERTHA NAISABAN NIM 1601140207. Berjudul ”Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran Tema 5 Pahlawanku Sub Tema 1 Tokoh – Tokoh Pejuang Para Pahlawan Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Nakol Kec.Insana Tengah TTU”.Dengan masalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPS tentang tokoh-tokoh pejuang dengan metode bermain peran pada siswa kelas IV SDN Nakol Kec.Insana Tengah TTU. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui kemampuan bermain peran di Kelas IV SDN Nakol Kec Insana Tengah TTU. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode Deskriptif Kualitatif,dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan tes ,teknik analisis data yang digunakan dengan mencari rata-rata kelas pada subjek penelitian berjumlah 15 orang dengan rincian laki-laki 6 orang dan perempuan 9 orang.
Penelitian ini diadakan di SDN Nakol dengan hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I dari 15 subjek yang tuntas berjumlah 4 orang dengan persen sebesar (24%) tuntas karna memusatkan perhatian,aktif dalam kelas ,mengerjakan soal dengan teliti ,tertib saat pelajaran berlangsung ,dan yang tidak tuntas berjumlah 11 orang dengan persen sebesar (66,36%) tidak tuntas karna belum mencapai standar ketuntasan dan siswa kurang memusatkan perhatian saat guru memaparkan materi, dan kurang teliti dalam mengerjakan soal.Selanjutnya siklus II mengalami peningkatan ,hal ini dibuktikan bahwa dari 15 subjek penelitian yang tuntas 13 orang dengan persen sebesar (78,66%) karna selalu memusatkan perhatian,aktif dalam kelas,selalu teliti dalam mengerjakan soal, sedangkan yang belum tuntas berjumlah 2 orang dengan persen sebesar (74,66%) karna masih kurang percaya diri dan kurang aktif
Berdasarkan hasil penelitian ini diatas maka dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan metode bermain peran pada materi IPS tentang tokoh-tokoh pejuang para pahlawan ,dapat meningkatkan kemampuan bermain peran siswa kelas IV SD Negeri Nakol Kec.Insana Tengah TTU.

Kata Kunci: Metode Bermain Peran ,Tokoh Pahlawan Dan Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
maria Robertha Naisaban - Personal Name
Student ID
1601140207
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 ban p
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA