PENGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBENTUK VIDEO ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 1 ROTE BARAT DAYA

Detail Cantuman

Skripsi

PENGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBENTUK VIDEO ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 1 ROTE BARAT DAYA

XML

Abstrak
Baba, Indrawati, Irma. 2022. Pengunaan Media Audio visual berbentuk video animasi terhadap perningkatan hasil belajar siswa pada materi sejarah pembentukan bumi di kelas x sma negeri 1 rote barat daya. Skripsi. Program studi pendidikan geografi. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Universitas nusa cendana. Pembimbing (I) Bella Theo Tomi Pamungkas S.Pd., M.Pd dan Pembimbing (II) Muhammad Husain Hasan S.Pd., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Penggunaan Media Audio Visual Berbentuk Video Animasi dan Tanpa Pengunaan Media Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sejarah Pembentukan Bumi Mata Pelajaran Geografi di Kelas X SMA Negeri 1 Rote Barat Daya. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X IPS 2 dan IPS 3 yang berjumlah 33 siswa pada kelas X IPS 2. Sedangkan siswa kelas X IPS 3 juga berjumlah 33 siswa. Total siswa kedua kelas sebanyak 66 siswa. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum dilakukan pembelajaran pada kelas kontrol 60.30 dan pada pada kelas eksperimen 59.09 dan rata-rata posttest kelas kontrol 70.60 dan kelas eksperimen adalah 82.87. Hasil uji T-Test pada nilai Pretest kelas kontrol dan eksperimen menunjukkan nilai sig (2 tailed) = 0.500 > 0,05 sesuai dengan kriteria uji t tes jika sig (2 tailed) lebih besar dari 0,05 maka Ho diterima dan H1 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa kedua varian sama. Hasil Uji T-Test Posttest kelas Kontrol dan Eksperimen menunjukkan nilai sig (2 tailed) = 0,00 < 0,05 sesuai dengan kriteria uji t tes jika sig (2 tailed) lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditola.k dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat perbedaan hasil belajar pada pembelajaran geografi yang signifikan antara siswa dengan media audio visual berbentuk video animasi dan siswa yang diajarkan tanpa pengunaan media.
Kata Kunci: Video Animasi, Tanpa Media Audio visual,Perbedaan Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
IRMA INDRAWATI BABA - Personal Name
Student ID
1801100012
Dosen Pembimbing
Muhammad Husain Hasan, S.Pd, M.Pd. - 19880602 2019031012 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Muhammad Husain Hasan, S.Pd, M.Pd. - 198806022019031012 - Penguji 1
Sukmawati - 19890917 202203 2 006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Geografi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 ABA P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA