Mekanisme Hukum Adat Perdamaian ( Mela Sare) Dalam Mewujudkan Rekonsiliasi Para Pihak Pasca Putusan Pengadilan Pada Masyarakat Lamaholot Di Adonara, Flores Timur

Detail Cantuman

Tesis

Mekanisme Hukum Adat Perdamaian ( Mela Sare) Dalam Mewujudkan Rekonsiliasi Para Pihak Pasca Putusan Pengadilan Pada Masyarakat Lamaholot Di Adonara, Flores Timur

XML

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah daya mengikat hukum adat perdamaian (mela sare) dalam mewujudkan relasi para pihak pasca putusan pengadilan?; (2) Apakah mekanisme hukum adat perdamaian (mela sare) dapat diangkat untuk mendukung pembaharuan proses penyelesaian perkara yang berorientasi perdamaian?
Penelitian ini merupakan penelitian hukum sosiologi yang dilakukan di pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dilapangan terhadap penyelesaian kasus yang terjadi dan melakukan wawancara mendalam terhadap sejumlah informan serta melakukan studi dokumen. Data kemudian dianalisis secara kualitatif.
. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat ditemukan beberapa aspek daya mengikat hukum adat perdamaian (mela sare) dalam mewujudkan relasi para pihak pasca putusan pegadilan diantranya : Pertama, menyelesaikan sengketa. Kedua, menghapus sekat adat kenetun. Ketiga, berorientasi nilai yaitu; nilai keadilan, nilai kebenaran, nilai perdamaian. Keempat, membangun relasi pelaku dan korban. Sedangkan untuk pembaharuan hukum adalah keadilan restoratif. Tujuan keadilan restoratif adalah untuk mengembalikan keselarasan antara korban dan pelaku. Bagi korban, hal ini berarti kerugian fisik dan kerugian psikis. Bagi pelaku, hal itu berarti mengambil tanggungjawab, menghadapi rasa malu, dan mendapatkan kembali martabatnya.

Kata kunci: putusan pengadilan, putusnya relasi (kenetun), perdamaian adat (Mela Sare ).


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Student ID
1711040029
Dosen Pembimbing
KAROLUS KOPONG MEDAN - 196204221990031001 - Dosen Pembimbing 1
SARYONO YOHANES - 196207121989021000 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rudepel Petrus Leo - 196406121990031003 - Penguji 1
Dhesy Arisandielis Kase - 197903242005012002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
PPS/ILMU HUKUM
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
741.01 Nus M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA