Faktor Penyebab Dan Upaya Penanggulangan Terhadap Eksploitasi Seksual Anak Di Kabupaten Sikka

Detail Cantuman

Skripsi

Faktor Penyebab Dan Upaya Penanggulangan Terhadap Eksploitasi Seksual Anak Di Kabupaten Sikka

XML

Dunia anak yang seharusnya diwarnai oleh kegiatan bermain, belajar, dan mengembangkan minat serta bakatnya untuk masa depan, namun pada realitasnya banyak terjadi tindakan eksploitasi baik itu ekonomi maupun seksual. Kejadian di kota Maumere, Kabupaten Sikka, dengan terbongkarnya ketujuh belas anak yang dipekerjakan di tempat hiburan malam, merupakan suatu tindakan eksploitasi secara seksual terhadap anak yang diakukan oleh para pengusaha tempat hiburan malam. Adapun rumusan masalah yaitu (1) Apakah yang menjadi faktor penyebab eksploitasi seksual terhadap anak di Kabupaten Sikka? (2) Bagaimanakah upaya yang dilakukan dalam menanggulangi kasus eksploitasi seksual anak di Kabupaten Sikka?
Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian empiris di mana penulis memperoleh data primer yang diperoleh dari wawancara dengan pihak Kepolisian Resort Sikka dan pihak Divisi Perempuan TRuK-F dan juga data sekunder yang penulis peroleh dari peraturan perundang-undangan, tulisan atau makalah-makalah, buku-buku yang berhubungan dan menunjang dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Faktor penyebab terjadinya eksploitasi seksual terhadap anak di Kabupaten Sikka yaitu faktor kondisi psikologis korban, faktor kondisi biologis korban, faktor kemiskinan, faktor pendidikan, faktor pengaruh lingkungan dan faktor daya tarik yang tinggi terhadap yang lebih muda. (2) Upaya yang dilakukan dalam menanggulangi kasus eksploitasi seksual anak di Kabupaten Sikka yaitu: upaya pre-emptif, upaya preventif dan upaya represif. Saran dari penulis, dengan adanya peraturan perundang-undangan yang ada seharusnya pemerintah lebih menerapkan aturan-aturan tersebut dengan lebih tegas kepada para pelaku pengusaha tempat hiburan malam yang memperkerjakan anak di bawah umur agar menimbulkan efek jera, sehingga tidak terjadi lagi kasus eksploitasi seksual terhadap anak di kemudian hari.

Kata Kunci: Faktor penyebab, eksploitasi seksual, anak korban, upaya penanggulangan.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1802010030
Dosen Pembimbing
RUDEPEL PETRUS LEO - 196406121990031003 - Dosen Pembimbing 1
HERYANTO AMALO - 196511301992031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Orpa Ganefo Manuain - 196310201989012001 - Ketua Penguji
Rudepel Petrus Leo - 196406121990031003 - Penguji 1
Heryanto Amalo - 196511301992031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 GAO F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA