Fenomena Komunikasi Lintas Budaya Etnis Tionghoa Dan Pribumi Dalam Kerukunan Bertetangga (Studi Fenomenologi Di Kelurahan Solor Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Fenomena Komunikasi Lintas Budaya Etnis Tionghoa Dan Pribumi Dalam Kerukunan Bertetangga (Studi Fenomenologi Di Kelurahan Solor Kota Kupang)

XML

Hubungan individu atau kelompok dari lingkungan kebudayaan yang berbeda akan mempengaruhi proses komunikasi, karena perbedaan budaya memiliki sistem-sistem nilai yang berbeda dan karenanya ikut menentukan tujuan hidup yang berbeda, sehingga sering kali menemukan persoalan seperti bahasa, norma serta adat. Peneliti menarik untuk mengkaji fenomena komunikasi antar etnis yang terjadi di kelurahan solor dan juga motif-motif dari subjek yang terlibat dalam komunikasi antar etnis di kelurahan Solor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman komunikasi dan motif komunikasi masyarakat antar etnis Tionghoa dan pribumi dalam kerukunan bertetangga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan metode fenomenologi dengan teori fenomenologi (Alfred Schutz). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1). Pengalaman komunikasi antar etnis Tionghoa dan Pribumi dalam kerukunan bertetangga di lingkungan masyarakat pada kelurahan Solor, ialah a). Pengalaman komunikasi antar etnis dalam kegiatan keagamaan. b). Pengalaman komunikasi antar etnis dalam kegiatan keagamaan. 2). Motif komunikasi yang ditunjukkan masyarakat etnis Tionghoa dan pribumi dalam kerukunan bertetangga merujuk pada 2 hal, yaitu pertama in order to motive (berorientasi pada masa yang akan datang). Kedua Because of motif (tindakan masa lalu).
Kata Kunci : Fenomenologi, Komunikasi Lintas Budaya, Etnis, Kerukunan Bertetangga.


Detail Information

Item Type
Penulis
Guggi Ahlun Nazar Arba - Personal Name
Student ID
1703050022
Dosen Pembimbing
Blajan Konradus - 196102191988031001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Fitria Titi Meilawati - 8809023419 - Penguji 1
Silvania S.E Mandaru - 19840106 201404 2 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Arb F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA