Skripsi
Kemampuan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas VII-A SMP NEGERI 9 Kupang Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022
XMLMasalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah “Bagaimana KemampuanMenulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 9 Kota Kupang. Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi bebas pada siswakelas VII-A SMP Negeri 9 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2021/2022 berdasarkanaspek-aspek yang ditentukan dalam unsur-unsur puisi seperti judul, kesesuaian temadengan isi puisi, penggunaan kata konkret dan amanat. Teori yang digunakan dalampenelitian ini adalah teori Teori konstruktivisme. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitianini menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi bebas pada siswa kelas VII-ASMP Negeri 9 Kota Kupang bedasarkan aspek-aspek dari unsur-unsur puisi sepertijudul, kesesuaian tema dengan isi puisi, penggunaan kata konkret dan amanat yangtergolong kurang mampu, karena hanya 4 orang siswa (43%) dari 15 orang siswayang tidak mampu menulis puisi bebas dengan benar. Sedangkan selebihnya atau 11orang siswa (57%) tergolong mampu. Karena perolehan skor yang di tentukan dengannilai KKM 75.
Kunci: kemampuan, Menulis, teks, Puisi bebas
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
GREGORIUS W. SANGA - Personal Name
|
Student ID |
1801010181
|
Dosen Pembimbing |
SEMUEL HAJAI NITBANI - 196105021989031002 - Dosen Pembimbing 1
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Ketua Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 1 Firmina A Nai - 196011171987022001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
88201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
882.01 SAN K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |