Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnokimia pada Materi Laju Reaksi untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Ende

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnokimia pada Materi Laju Reaksi untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Ende

XML

Penelitian dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnokimia terhadap Pemahaman Konseptual Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 2 Ende bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnokimia terhadap Pemahaman Konseptual Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 2 Ende. Penelitian ini digunakan rancangan eksperimental semu dengan pretest-posttest nonequivalent control group design adalah rancangan yang bertujuan menguji perbedaan pemahaman konseptual peserta didik pada kelas sampel yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen peserta didik dibelajarkan dengan menggunakan model PBL-BE. Pada kelas kontrol peserta didik dibelajarkan dengan menggunakan model Problem PBL. Pengumpulan data pemahaman konseptual peserta didik dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa soal pilihan ganda. Hasil perhitungan validitas Instrumen terdapat 30 soal yang valid. Nilai Reliabilitas soal pilihan ganda sebesar 0,857. Data hasil tes sebelum dan setelah perlakuan dianalisis dengan menggunakan uji-t (independent sample t-test) pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman konseptual peserta didik yang diajarkan dengan model PBL-BE lebih baik dibandingkan peserta didik yang diajarkan dengan model PBL dengan nilai signifikansi 0,002. N-Gain pemahaman konseptual peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 0,369, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 0,235. Maka dapat didimpulkan bahwa pembelajaran dengan model PBL-BE dapat meningkatkan pemahaman konseptual peserta didik.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Etnokimia, Pemahaman Konseptual, Motivasi Belajar, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
YOSEPH MBETE WANGGE - Personal Name
Student ID
1401060008
Dosen Pembimbing
YOSEP LAWA - 197307272012121005 - Dosen Pembimbing 1
JOHNSON N NAAT - 198511202008121003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yosep Lawa - 197307272012121005 - Ketua Penguji
Johnson N Naat - 198511202008121003 - Penguji 1
Lolita Agusta Magdalena Parera - 198008092014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Kimia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 WAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA