PELAYANAN PUBLIK PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM TIRTA KELIMUTU KABUPATEN ENDE DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN AIR BERSIH DI KECAMATAN ENDE SELATAN, KABUPATEN ENDE

Detail Cantuman

Skripsi

PELAYANAN PUBLIK PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM TIRTA KELIMUTU KABUPATEN ENDE DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN AIR BERSIH DI KECAMATAN ENDE SELATAN, KABUPATEN ENDE

XML

Felix De Lima Sin Tenga, Pelayanan Publik Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kelimutu Kabupaten Ende dalam Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih di Kecamatan Ende Selatan Kabupaten Ende, dibimbing oleh Ebu Kosmas sebagai pembimbing I dan Hernimus Ratu Udju sebagai pembimbing II.
Alasan saya tertarik memilih judul ini karena saya melihat fenomena yang ada di Kecamatan Ende Selatan Kabupaten Ende terkait dengan pemenuhan kebutuhan air bersih tidak sesuai dengan ekspektasi masyarakat, dimana masyarakat dituntut untuk terus membayar iuran setiap bulan tetapi pelaksanaannya dalam kaitannya dengan pelayanan pemenuhan kebutuhan air bersih tidak berjalan lancar dan tidak merata. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu sejauhmanakan pelayanan publik Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kelimutu dalam pemenuhan kebutuhan air bersih terhadap masyarakat di Kecamatan Ende Selatan Kabupaten Ende dan apakah faktor penghambat Pelayanan publik Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kelimutu dalam pemenuhan kebutuhan air bersih terhadap masyarakat di Kecamatan Ende Selatan Kabupaten Ende, tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pelayanan publik Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kelimutu dalam pemenuhan kebutuhan air bersih terhadap masyarakat di Kecamatan Ende Selatan Kabupaten Ende dan untuk mengetahui dan menganalisis faktor penghambat pelayanan publik Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kelimutu dalam pemenuhan kebutuhan air bersih terhadap masyarakat di Kecamatan Ende Selatan Kabupaten Ende. Metode penelitian menggunakan penelitian hukum empiris. Jenis dan sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Pengolahan data berupa pemeriksaan data, penandaan data, tabulasi dan intepretasi.
Analisis data dilakukan secara deskriptif yuridis kualitatif yaitu dengan cara menjelaskan atau menguraikan data untuk memperoleh gambaran yang jelas dan objektif dengan memberikan penafsiran yang logis dan benar sesuai dengan fakta yang ada dan atau serta kaidah hukum yang terkait permasalahan penelitian ini.
Hasil penelitian dan pembahasan ditemukan kualitas pelayanan yang diberikan oleh PERUMDA belum dapat dikatakan baik, hal ini dikarenakan rendahnya daya tanggap dan empati dari petugas dalam menyelesaikan permasalahan di lapangan yang seharusnya bertujuan untuk meningkatkan jumlah produksi air agar terpenuhi semua kebutuhan pelanggan PERUMDA setiap harinya. Diharapkan kepada seluruh petugas PERUMDA Tirta Kelimutu Kabupaten Ende dapat melakukan pengawasan dengan benar dan merata serta melakukan pengkajian ulang terhadap masalah-masalah yang timbul dan memperbaiki kinerja pelayanan publik agar permasalahan-permasalahan mengenai tidak ada air dan air keruh dapat segera diselesaikan.

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Air Bersih, Pemenuhan Hak Konsumen, Kepastian Hukum dan Keadilan.


Detail Information

Item Type
Penulis
Felix De Lima Sin Tenga - Personal Name
Student ID
1802010033
Dosen Pembimbing
Penguji
Dr. Saryono Yohanes, S.H.,M.H. - 19620712 198902 1 001 - Ketua Penguji
Dr. Ebu Kosmas, S.H.,M.Hum. - 19580225 198703 1 001 - Penguji 1
Hernimus Ratu Udju, S.H.,M.H - 19610428 198901 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Prodi Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
741.01 Ten P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA