EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BUDAYA MENENUN KAIN ADAT SUKU UMAROHAN DI KABUPATEN MALAKA DAN INTEGRASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Detail Cantuman

Skripsi

EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BUDAYA MENENUN KAIN ADAT SUKU UMAROHAN DI KABUPATEN MALAKA DAN INTEGRASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

XML

ABSTRAK
Eksplorasi Etnomatematika pada Budaya Menenun Kain Adat Suku Umarohan di
Kabupaten Malaka dan Integrasinya dalam Pembelajaran Matematika
Virgilia Seuk Bria (1601030033); Pembimbing I. Dr. Wara Sabon Dominikus,
M.Sc; Pembimbing II. Dr. Damianus Dao Samo, M.Pd.
Kebudayaan memiliki aktivitas matematika yang berkaitan dengan
pembelajaran matematika berdasarkan pola tingkah laku kelompok
masyarakatnya sehingga etnomatematika dapat menjadi salah satu jembatan bagi
budaya dan pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk
mendeskripsikan etnomatematika pada budaya menenun kain adat Suku
Umarohan Kabupaten Malaka dan integrasinya dalam pembelajaran matematika.
Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Malaka, dengan narasumber
sebanyak 5 orang penenun. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian
kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Peneliti sebagai instrumen utama
yang berperan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Dan keabsaan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat etnomatematika pada
budaya menenun kain adat Suku Umarohan di Kabupaten Malaka. Aktivitas
matematika yang dikenal sebagai karakteristik etnoatematika yang diperoleh
adalah aktivitas menghitung, menentukan atau melokalisir, mengukur,
merancang, dan menjelaskan.
Diperoleh konsep matematika terkait aktivitas matematika yang
ditemukan pada budaya menenun kain adat. Pada aktivitas menghitung, terdapat
konsep bilangan, penjumlahan, dan perkalian. Pada aktivitas mengukur terdapat
konsep pengukuran panjang, pengukuran waktu, dan satuan tidak baku. Aktivitas
merancang terdapat konsep geometri, transformasi geometri, pola bilangan,
bilangan palindromik. Aktivitas menjelaskan, terdapat konsep logika
matematika berupa implikasi. Dengan demikian, aktivitas matematika dalam
budaya tersebut dapat dibuat lintasan belajar dan perangkat pembelajaran yang
bersesuaian, sehingga memberi inovasi baru dalam pembelajaran matematika di
sekolah.
Kata Kunci: Budaya, Etnomatematika, Pembelajaran Matematika


Detail Information

Item Type
Penulis
VIRGILIA SEUK BRIA - Personal Name
Student ID
1601030033
Dosen Pembimbing
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Ketua Penguji
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Penguji 1
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN MATEMATIKA
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 BRI E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA