Kajian Tingkat Kesadaran Masyarakat Terhadap Konservasi Jenis Burung Di Kawasan Hutan Taman Wisata Alam Bipolo, Desa Bipolo, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)

Detail Cantuman

Skripsi

Kajian Tingkat Kesadaran Masyarakat Terhadap Konservasi Jenis Burung Di Kawasan Hutan Taman Wisata Alam Bipolo, Desa Bipolo, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran masyarakat terhadap konservasi jenis burung di Taman Wisata Alam Bipolo. Penelitian ini berlangsung selama satu bulan Februari-Maret di Desa Bipolo, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Responden berjumlah 84 yang diperoleh dengan menggunakan metode Purposive Sampling dan rumus slovin dan di analisis dengan menggunakan metode Deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sikap, Persepsi, Partisipasi dan Perilaku masyarakat terhadap konservasi jenis burung di TWA Bipolo secara berturut-turut dengan nilai 78,56 % (Baik), 67,13 % (Baik), 79,99 % (Baik), dan 81,75 % (Sangat Baik). Hal ini menunjukan bahwa melalui wawancara responden sadar akan arti pentingnya Hutan TWA Bipolo dalam upaya peningkatan keanekaragaman jenis burung di Hutan TWA Bipolo. Akan tetapi berdasarkan pengamatan lapangan, masih ditemukan adanya perilaku masyarakat yang melakukan perburuan liar di Kawasan Hutan TWA Bipolo pada malam hari untuk dikonsumsi, terdapat juga beberapa masyarakat yang dengan sengaja menebang dan membakar pohon-pohon besar di Kawasan Hutan TWA Bipolo untuk kemudian dijadikan kayu bakar serta banyaknya akses jalan didalam kawasan Hutan TWA Bipolo juga menunjukan tingginya aktivitas masyarakat didalam Kawasan Hutan TWA Bipolo yang berdampak pada kerusakan kawasan. Rusaknya kawasan Hutan TWA Bipolo memberikan dampak nyata terhadap menurunnya keanekaragaman jenis burung di TWA Bipolo.
Kata Kunci : Konservasi jenis Burung, Taman Wisata Alam Bipolo, Masyarakat, Persepsi


Detail Information

Item Type
Penulis
CHORS MATHEOS BANA - Personal Name
Student ID
1704070010
Dosen Pembimbing
MAMIE ELSYANA PELLONDO'U - 198211062006042001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Mamie Elsyana Pellondo'U - 198211062006042001 - Ketua Penguji
FADLAN PRAMATANA - - Penguji 1
Pamona S. Sinaga - 198601162019032013 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54251
Edisi
Published
Departement
Kehutanan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.51 BAN K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA