PERILAKU MASYARAKAT DALAM UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN ( Studi Kasus Mata Air Wai Lawe di Hutan Lindung Kumah Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

PERILAKU MASYARAKAT DALAM UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN ( Studi Kasus Mata Air Wai Lawe di Hutan Lindung Kumah Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur)

XML

Mata air Wai Lawe merupakan sumber air utama di Desa Puhu dan Desa Tapobali. Mata air ini terletak di kawasan hutan lindung kumah dengan luas 141,41 ha, namun dalam pengeloaanya ditemukan kegiatan masyarakat yang mengancam kelestarian mata air tersebut, yaitu kegiatan pembukaan lahan di areal mata air tersebut yang menyebabkan penurunan debit mata air Wai Lawe, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan pengaruh dari perilaku masyarakat dalam melestarikan lingkungan khususnya mata air Wai Lawe. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. hasil penelitian menunjukan bentuk perilaku masyarakat meliputi perilaku masyarakat tentang hak dan kewajiban serta perilaku (aktivitas) masyarakat terkait keberadaan mata air. Hak masyarakat dalam menjaga dan melestariakan mata air adalah dengan memperoleh, menikmati dan menggunakan air bersih, sedangkan kewajiban masyarakat adalah dengan merawat, melindungi serta melestarikan mata air. Selain itu, ada pula perilaku (aktivitas) masyarakat meliputi pembukaan lahan dengan sistem lahan berpindah serta pelestarian kearifan lokal dalam pengelolaan mata air. Perilaku masyarakat dalam melestarikan mata air melalui tindakan konservasi memberikan pengaruh yang tidak menjamin kelestarian mata air Wai Lawe karena tindakan konservasi yang dilakukan masyarakat seringkali terbatas karena beberapa kendala seperti akses jalan menuju mata air yang tidak memadai, kurangnya pengadaan bibit tanaman untuk reboisasi sekitar mata air dan tidak terjadwalnya kegiatan konservasi secara baik.


Detail Information

Item Type
Penulis
ANSELAUS PEHAN PERAN - Personal Name
Student ID
1804070034
Dosen Pembimbing
Ludji M. Riwu Kaho - 196307241987021002 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Ludji M. Riwu Kaho - 196307241987021002 - Ketua Penguji
FADLAN PRAMATANA - - Penguji 1
Astin Elise Mau - 198708072015042002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54251
Edisi
Published
Departement
Kehutanan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.51 Per A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA