PENGAJUAN PEMBATALAN PERCERAIAN PADA PENGADILAN NEGERI (STUDI KASUS PUTUSAN PADA PENGADILAN NEGERI SURABAYA NOMOR 1389/PDT.P/2019/PN SBY DAN PUTUSAN NOMOR 465/PDT.G/2014/PN SBY)

Detail Cantuman

Skripsi

PENGAJUAN PEMBATALAN PERCERAIAN PADA PENGADILAN NEGERI (STUDI KASUS PUTUSAN PADA PENGADILAN NEGERI SURABAYA NOMOR 1389/PDT.P/2019/PN SBY DAN PUTUSAN NOMOR 465/PDT.G/2014/PN SBY)

XML

Manusia adalah mahluk individu sekaligus juga dapat dikatakan makhluk sosial yaitu mahkluk yang didalam hidupnya tidak terlepas dari pengaruh manusia lain Pasal 1 Undang-Undang Nomor Tahun 1974 tentang Perkawinan (selanutnya disebut dengan Undang-undang Perkawinan) memuat aturan bahwa Perkawianan ialah ikatan lahir batin anatara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. pasal 38 Undangundang Perkawinan mengatakan bahwa, perkawinan dapat putus karena 3 (tiga) hal, yaitu Kematian, Perceraian dan atas Keputusan Pengadilan.Perkawinan dan Perceraian merupakan suatu hal yang sangat urgen dalam kehidupan manusia. Perceraian tidak bisa dipisahkan dari Perkawinan, tak ada Perceraian tanpa diawali Perkawinan. Percerian merupakan jalan keluar terakhir yang mesti ditempuh apabila tujuan dari Perkawinan tidak dapat dicapai. Perceraian tidak dapat dilakukan kecuali telah ada alasan-alasan yang dibenarkan oleh Agama dan Undang-undang. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimanakah administrasi perkara perdata dan hukum acara perdata atas pengajuan pembatalan perceraian? (2) Apakah produk Pengadilan Negeri terhadap pengajuan pembatalan percerian?Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif, yang dilaksanakan di perpusatakaan Fakultas Hukum, Universitas Nusa Cendana terkait dengan topik yang dibahas ini. Penulis juga melakukan penelitian dengan studi yurudis normatif yang datanya dikumpulkan dengan cara meneliti bahan-bahan kepustakaan atau data sekunder belaka. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kepustakaan dan kemudian data yang di peroleh di analisis secara deskriptif kualitatif sehingga mengungkapkan hasil yang diharapkan dan kesimpulan atas permasalahan. Hasil penelitian ini menunjukan, (1) Duduk perkara kasus pengajuan Pembatalan Perceraian pada Pengadilan Negeri Surabaya Nomor 1398/pdt.g/2014/pn.Surabaya, (2) Administrasi Perkara Perdata dan Hukum Acara Perdata atas Pengajuan Pembatalan Perceraian, Produk Pengadilan Negeri terhadap pengajuan pembatalan perceraian.
Kata Kunci: Pembatalan Perceraian, Administrasi Perkara Perdata, Pengadilan Negeri.


Detail Information

Item Type
Penulis
Yusuf Anthonius Fina - Personal Name
Student ID
1802010490
Dosen Pembimbing
RENY REBEKA MASU - 196302031990032002 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Ishak Alfred Tungga, S.H.,M.H. - 19600518 198803 1 001 - Ketua Penguji
Reny Rebeca Mas - - Ketua Penguji
Dr. Simpleksius Asa, S.H., M.H - 196606071966031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 Fin P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA