Peningkatan Kesadaran Hukum Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Tenun Ikat Terhadap Kewajiban Membayar Pajak Di Kabupaten Rote Ndao Ditinjau Dari Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Pajak Penghasilan

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Kesadaran Hukum Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Tenun Ikat Terhadap Kewajiban Membayar Pajak Di Kabupaten Rote Ndao Ditinjau Dari Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Pajak Penghasilan

XML

Pajak usaha mikro kecil dan menengah merupakan bagian dari kategori pajak yang memiliki potensi yang sangat menjanjikan dalam pendapatan Daerah Rote Ndao. Namun, dengan bertambah banyaknya pelaku usaha mikro kecil dan menengah tenun ikat, terdapat berbagai fenomena yang muncul, antara lain pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah tidak memenuhi kewajibannya untuk mendaftarkan dan membayar pajak. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah: (1) Sejauh manakah peningkatan kesadaran hukum pelaku usaha mikro kecil dan menengah tenun ikat terhadap kewajiban membayar pajak di Kabupaten Rote Ndao? (2) Apakah faktor penghambat peningkatan kesadaran hukum pelaku usaha mikro kecil dan menengah tenun ikat terhadap kewajiban membayar pajak di Kabupaten Rote Ndao?
Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiri dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif sesuai dengan data yang diperoleh dengan tetap memperhatikan teori, asas dan kaidah hukum yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara terhadap 7 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Peningkatan kesadaran hukum pajak pemilik usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Rote Ndao masih minim karena masih adanya ketidaksadaran terhadap kewajiban mereka sebagai wajib pajak. (2) Faktor-faktor yang menjadi penghambat peningkatan kesadaran hukum pelaku usaha mikro kecil dan menengah tenun ikat, yaitu karena belum adanya Peraturan Daerah tentang wajib pajak, kurangnya penghasilan yang didapatkan oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah, kurangnya pengetahuan dan pemahaman yang minim dari wajib pajak.

Kata Kunci : Peningkatan kesadaran hukum, wajib pajak umkm, faktor penghambat.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
FESLY TERFENA LEOH - Personal Name
Student ID
1902010002
Dosen Pembimbing
YOSEF MARIO MONTEIRO - 19750520 200604 1 001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Hernimus Ratu Udju, S.H., M.H - 196164281989011001 - Ketua Penguji
YOSEF M. MONTEIRO - - Penguji 1
Dr. Ebu Kosmas, S.H.,M.Hum. - 19580225 198703 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 LEO P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA