Pelaksanaan Rekonstruksi Dalam Mengungkap Terjadinya Tindak Pidana Pembunuhan Di Kepolisian Sektor Kelapa Lima

Detail Cantuman

Skripsi

Pelaksanaan Rekonstruksi Dalam Mengungkap Terjadinya Tindak Pidana Pembunuhan Di Kepolisian Sektor Kelapa Lima

XML

Dengan berkembangnya zaman, maka berkembang juga kejahatan yang ada di masyarakat, oleh karena itu profesionalisme anggota polisi sangat diperlukan, dalam mengungkap kebenaran terkait dengan kejadian-kejadian yang sudah lampau. Semakin lama waktu lampau itu semakin sukar bagi penyidik untuk menyatakan kebenaran atas keadaan-keadaan itu. Oleh karena itu penyidik tidak dapat memastikan bahwa suatu peristiwa hukum benar-benar sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya, maka acara pidana sebetulnya hanya menunjukkan jalan guna mendekati sedekat mungkin dengan kebenaran materiil. Langkah awal untuk menemukan kebenaran materiil didahului dengan pencarian bukti-bukti peristiwa pidana di lapangan, untuk itu maka Penyidik Polri menggunakan teknik-teknik untuk mencari dan mendapatkan bukti yang telah menjadi kebiasaan dilingkungan kepolisian. Rekonstruksi berfungsi sebagai salah satu alat bukti dalam mengungkap terjadinya tindak pidana. Meskipun hanya sebagai alat bukti tambahan yang merupakan bagian dari alat bukti petunjuk, di dalam prakteknya ternyata rekonstruksi ini sangat membantu jaksa dalam melakukan penuntutan di pengadilan dan hasil rekonstruksi ini pun dapat mendukung alat bukti yang lain.Permasalahan pokok dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimanakah pelaksanaan rekonstruksi dalam mengungkap terjadinya Tidak Pidana Pembunuhan di Kepolisian Sektor Kelapa Lima? (2) Apakah kendala penyidik dalam melaksanakan rekonstruksi Tindak Pidana Pembunuhan di Kepolisian Sektor Kelapa Lima? (3) Apakah hasil rekonstruksi dapat dijadikan alat bukti dalam
Pengungkapan kasus pembunuhan di Kepolisian Sektor Kelapa Lima?
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang dilaksanakan di Kepolisian Sektor Kelapa Lima. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi kepustakaan/dokumen. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini dilakukan di Kota Kupang. Hasil pengolahan data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode induktif.
Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Pelaksanaan rekonstruksi dalam mengungkap terjadinya tindak pidana pembunuhan di Kepolisian Sektor Kelapa Lima (2) Kendala penyidik dalam melaksanakan rekonstruksi tindak pidana pembunuhan di Kepolisian Sektor Kelapa Lima (3) Hasil rekonstruksi bukan sebagai alat bukti tetapi sebagai gambaran umum tentang peristiwa tindak pidana yang digunakan pada proses penuntutan maupun pertimbangan hakim untuk menjatuhkan putusan.
Kata kunci: Pelaksanaan, Rekonstruksi, Pengungkapan, Pembunuhan, Kendala, Alat Bukti


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA ANAZTASIA KLAU - Personal Name
Student ID
1902010163
Dosen Pembimbing
ISHAK ALFRED TUNGGA - 196005181988031001 - Dosen Pembimbing 1
RESOPIJANI - 196109071989012001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ishak Alfred Tungga - 196005181988031001 - Ketua Penguji
A Resopijani - 196109071989012001 - Penguji 1
Dr. Simplexius Asa, S.H.,M.H. - 19660607 199603 1 002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 KLA P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA