PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI (Studi Pada Karyawan Koperasi Kredit Pintu Air Kantor Pusat Maumere)

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI (Studi Pada Karyawan Koperasi Kredit Pintu Air Kantor Pusat Maumere)

XML

Rumusan Masalah yang di ambil dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana persepsi karyawan tentang Budaya Organisasi dan Komitmen organisasi Pada Koperasi Kredit Pintu Air Kantor Pusat Maumere. (2) Apakah Budaya Organisasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi Pada Karyawan Koperasi Kredit Pintu air Kantor Pusat Maumere. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)
Untuk mendeskripsikan budaya organisasi dan komitmen organisasi pada Koperasi Kredit Pintu Air Kantor Pusat Maumere. (2) Untuk mengetahui pengaruh dan menjelaskan budaya organisasi terhadap komitmen organisasi pada Koperasi Kredit Pintu Air Kantor Pusat Maumere. Manfaat dari Penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan informasi yang berharga bagi organisasi dalam pengelolaan SDM beserta segala kebijakan langsung dalam Aspek-aspek SDM secara lebih baik.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Koperasi Kredit Pintu Air di Kantor Pusat Maumere sebanyak 73 orang, dan terpilih sebagai sampel sebanyak 42 responden, dengan cara perhitungan rumus slovin. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linear sederhana menggunakan aplikasi SPSS versi 25.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa budaya organisasi Koperasi Kredit Pintu Air Kantor Pusat Maumere. Secara keseluruhan berada pada kategori sangat baik. Begitu pula dengan komitmen organisasi, secara keseluruhan berada pada kategori sangat baik.
Hasil uji hipotesis yang menunjukan bahwa budaya organisasi dan komitmen organisasi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan pada Koperasi Kredit Pintu Air , kantor Pusat Maumere. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa hasil dari uji t variabel budaya organissi (X) thitung sebesar 6,695 sedangkan ttabel sebesar 1,684 maka hasilnya thitung (6,695) > ttabel (1,684). Berdasarkan hasil uji t hipotesis budaya organisasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Berdasarkan Adjust R Squer, koefisisen deteminasi menunjukan kontribusi variabel budaya organisasi dan komitmen organisasisebesar 52,8%. Sisa 47,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar fokus penelitian ini. Saran Koperasi Kredit Pintu Air Kantor Pusat tetap mempertahankan budaya organisasinya dan tetap dikembangkan agar komitmen organisasi juga dapat berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan semangat kerja karyawan yang efektif dan berintegritas. Peneliti lanjutan dapat memasukkan variabel gaya kepemimpinan, pelatihankerja, dan kepuasan kerja yang mempengaruhi komitmen organisasi
Kata Kunci: Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Nemari Lolan - Personal Name
Student ID
1903020187
Dosen Pembimbing
Elly Lay - 196205151989011001 - Dosen Pembimbing 1
STRUCE ANDRIYANI - 198101092009122003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Elly Lay - 196205151989011001 - Ketua Penguji
Struce Andriyani - 198101092009122003 - Penguji 1
Leony Magdalena Ndoen - 195810011986012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63211
Edisi
Published
Departement
Administrasi Bisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.11 Lol P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA