Penerapan Media Pembelajaran Animasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Nusa Cendana

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Media Pembelajaran Animasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Nusa Cendana

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan media pembelajaran animasi dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dan juga untuk mengetahui seberapa besar prestasi belajar yang dihasilkan dengan menerapkan media pembelajaran animasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre Experimental desain. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Semester VI Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Nusa Cendana Tahun Ajaran 2022/2023. Data yang dikumpulkan melalui pre test dan post test satu sampel yang dilakukan pada Mahasa semester VI Pendidikan Teknik Mesin Universitas Nusa Cendana dengan konsentrasi Jurusan Teknik Otomotif berjumlah 30 orang mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Nilai rata rata dari hasil pretest adalah sebesar 52.2000 sedangkan nilai post test sebesar 81,8000 dimana nilai rata rata post test lebih besar dibangdingkan dengan nilai rata rata pre test. Data memiliki nilai residual berdistribusi normal dimana nilai signifikansi nya lebih besar dari 0,005, dimana berdasarakan hasil uji normalitas menggunakan spps diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,07 sehingga data dikatakan berdistribusi normal karena nilai signifikansi = 0,07 > 0,05. Terdapat data yang homogen karena nilai Ho > 0,05, dimana pada spss diperoleh nilai homogenitas nya sebesar 3,42 karena nilai Ho = 3,42 > 0,05 maka Ho nya diterima atau persebaran data nya bersifat homogen. Terdapat perbedaan yang signifikan antara pre test dan post test dimana nilai signifikansi (2 tailed) = 0,00, karena nilai signifikansi (2 tailed) = 0,00 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre test dan post test.
Kata kunci : Media pembelajaran, Animasi, Prestasi belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1601120035
Dosen Pembimbing
BASRI K. - 19606141991031002 - Dosen Pembimbing 1
EDY SUPRAPTO - 196601111993031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Basri K - 19606141991031002 - Ketua Penguji
Edy Suprapto - 196601111993031002 - Penguji 1
Priyono - 196111171994031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Mesin
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.03 SAR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA