PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI PROTISTA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 AMABI OEFETO TIMUR

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI PROTISTA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 AMABI OEFETO TIMUR

XML

Penelitian ini telah dilaksanakan di SMA Negeri 3 Amabi Oefeto Timur.Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus Tahun 2022. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 3 Amabi Oefeto Timur. Penelitian ini adalah Quasi Eksperimental yang terdiri atas 2 kelas Perlakuan yaitu: Kelas Kontrol yang diajarkan dengan model Ceramah dan kelas Eksperimen yang diajarkan dengan model Jigsaw, instrumen yang digunakan dalam penelitian inni yaitu: RPP, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan media pembelajaran, data yang dikumpulkan adalah tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda Pretest dan Posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t yang digunakan untuk mengetahui pengaruh model jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai hasil belajar pre-test kontrol sebesar 27,53 dan nilai Post-test sebesar 48,92 sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 27,38 dan nilai posttest 64,30. Peningkatan hasil belajar kelas kontrol 22,61 dan kelas eksperimen 36,92. Analisis menggunakan seluruh hasil posttest dan diuji dengan uji-t dengan Perolehan t hitung < t tabel (0,009 < 0,05) menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik menggunakan model Jigsaw memiliki hasil belajar lebih bagus dari pada hasil belajar peserta didik menggunakan model Ceramah. Hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam penelitian ini dilihat dari hasil pre-test dan Post-test, di mana hasil belajar yang didapatkan kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol karena di kelas eksperimen menggunakan model jigsaw sedangkan di kelas kontrol hanya menggunakan model Ceramah. pembelajaran protista.
Kata Kunci: Jigsaw, Model Pembelajaran


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Erwin A. Manggoa - Personal Name
Student ID
1701040141
Dosen Pembimbing
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 1
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 MAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA