Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Dengan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasi Belajar Siswa Tentang Perawatan Sistem Stater Sepeda Motor Kelas XII SMK Negeri 5 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Dengan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasi Belajar Siswa Tentang Perawatan Sistem Stater Sepeda Motor Kelas XII SMK Negeri 5 Kupang

XML

Rendahnya hasil belajar siswa yang diperoleh dipengaruhi oleh faktor dimana kurangnya aktifitas belajar yang dilakukan oleh siswa yaitu hanya sebagai penerima informasi dan tidak ada respon balik dari siswa terhadap infornasi itu sendiri sehingga hanya terjadi komonikasi satu arah dan model atau metode yang digunakan guru dalam memenuhi bagaimana implementasi penerapan model pembelajaran conceptual understanding prcedures (CUPs) dan multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMK Negeri 5 Kupang. jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pelaksanaan tindakan pada setiap siklus dilakukan melalui prosedur perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Dari hasil penelitian hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh pada ranah kognitif untuk indikator 1 memahami fungsi dan jenis sistem stater sepeda motor dengan baik) ketuntasan klaksikanya 92%, indikator 2 (memahami komponen utama sistem stater sepeda motor dengan baik ketuntasan klaksikalnya 92% indikator 3 (memhami prinsip kerja sistwm stater sepeda motor) belum mencapai ketuntasan dengan ketuntasan klaksikalnya hanya 54% pada siklus I dan 95% pada siklus II dan Indikator 4 (memhami rangkaian sistem stater sepeda motor) belum mencapai ketuntasan dengan ketuntasan klaksikalnya hanya 62% pada siklus I dan 97% pada siklus II. Peningkatan hasil belajara siswa juga dapat dilihat pada ranah psikomotorik dengan rata-rata 62,1% pada siklus I dan 82% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa juga dapat dilihat pada ranah afektif siswa dengan rata-rata 83,22% pada siklus I dan 87,73 pada pada siklus II
Kata kunci : Model pembelajaran Conceptual Understanding Prcedures (Cups) dan Multimedia Interaktif Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Obetnego Jenbeka - Personal Name
Student ID
1601120037
Dosen Pembimbing
BASRI K. - 19606141991031002 - Dosen Pembimbing 1
EDY SUPRAPTO - 196601111993031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Basri K - 19606141991031002 - Ketua Penguji
Edy Suprapto - 196601111993031002 - Penguji 1
Fahrizal - 196908081994031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Mesin
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.03 JEN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA