PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PLANTAE DI KELAS X SMA NEGERI 1 NUBATUKAN

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PLANTAE DI KELAS X SMA NEGERI 1 NUBATUKAN

XML

Penelitian tentang pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar siswa pada materi plantae di kelas X SMA Negeri 1 Nubatukan yang telah dilaksanakan pada tanggal 04 Februari 2023 sampai 16 Februari 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran TGT terhadap minat belajar siswa pada materi plantae di kelas X SMA Negeri 1 Nubatukan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain yang digunakan pretest-postest control group design yang menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen mengunakan model pembelajaran TGT dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional yang pengambilan sampelnya menggunakan
teknik purposive sampling, dengan instrumen yang digunakan yaitu angket minat belajar, lembar observasi minat, dan lembar wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan uji hipotesis menggunakan uji paired sampel ttest.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan minat belajar yaitu pada kelas kontrol sebesar 26,67% dan kelas eksperimen sebesar 54,55% dengan selisih peningkatannya sebesar 27,88% dan hasil uji hipotesis yaitu t-test diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima dengan kata lain ada pengaruh model pembelajaran TGT terhadap minat belajar siswa pada materi plantae di kelas X SMA Negeri 1 Nubatukan. Hal tersebut terjadi karena pada model pembelajaran TGT di kelas eksperimen siswa lebih bersemangat dan antusias karena situasi belajar yang menyenangkan karena dilakukan sambil bermain sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dimana model ini hanya berpusat pada guru sehingga siswa pun terlihat bosan dan jenuh dengan pembelajaran tersebut.

Kata kunci: Minat Belajar, Model Pembelajaran TGT


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Andriana Fransiska Kire - Personal Name
Student ID
1801040074
Dosen Pembimbing
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 1
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Ketua Penguji
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Penguji 1
Yusnaeni - 197502032000122001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 KIR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA