PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SICENCE TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICH (STEM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SICENCE TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICH (STEM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

XML

Masalah dalam penelitian ini, peneliti mengamatai selama melakukan
penelitian di kelas Teknik Kendaraan Ringan 2 SMK Negeri 2 Kupang,
banyaknya siswa belum mampu berpikir kritis dan dan belum mampu
memecahkan masalah yang diberikan oleh guru.
Tujuan Penelitian ini untuk : (1) mengetahui pengaruh yang positif dan
signifikan dari penerapan model pembelajaran STEM terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian laksanakan pada bulan Mei 2023 di SMK N 2 Kupang. Sampel
penelitian ini siswa kelas X jurusan teknik kendaraan ringan 2 SMK N 2 Kupang,
subjek penelitian diambil dari siswa X B sebagai kelas eksperimen sebanyak 26
siswa. Metode pengumpulan data menggunakas tes, tes dilakukan dua kali yaknI
di awal pembelajaran berupa tes awal (Pre-Test) untuk mengetahui kemampuan
awal siswa dan di akhir pembelajaran berupa tes akhir (post tes) untuk mengetahui
perbedaan setelah diberikan perlakuan.
Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan
dalam menerapkan model pembelajaran Sicence Technology, Engineering And
Mathematich (STEM) terhadap hasil belajar siswa pada materi motor bakar kelas
X TKR 2 SMK N 2 Kupang, pengaruh dari model pembelajaran STEM bisa
dilihat dari selisih rata-rata nilai tes awal (Pre – Test) dan tes akhir (Post-Test)
sebesar 36,57% ˃ 84% ; (2) Terdapat hasil belajar siswa yang signifikan dengan
menerapkan model pembelajaran STEM pada materi motor bakar kelas X TKR 2
SMK N 2 Kupang, dilihat dari analisis uji hipotesis yakni 0,000 < 0,05. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa untuk hasil belajar siswa dengan menerapkan
model Science Technology Engineering and Mathematich terdapat perbedaan
yang signifikan antara data Pretest dan Posttest.
Kata Kunci : Hasil Belajar, model STEM, SMK.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YEFTA BANUNAEK - Personal Name
Student ID
1901120040
Dosen Pembimbing
EDY SUPRAPTO - 196601111993031002 - Dosen Pembimbing 1
Wofrid E. Bianome - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Priyono - 196111171994031002 - Ketua Penguji
Edy Suprapto - 196601111993031002 - Penguji 1
Wofrid E. Bianome - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Mesin
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.03 Ban P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA