Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Materi Sistem Saraf Manusia Kelas XI SMAN 2 Maumere

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Materi Sistem Saraf Manusia Kelas XI SMAN 2 Maumere

XML

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media articulate storyline 3 pada materi sistem saraf.
Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Arikunto yang dilaksanakan dengan dua siklus melalui beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup data observasi, data tes hasil belajar dan dokumentasi. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar obsevasi aktivitas guru dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I: hasil obsevasi aktivitas peserta didik sebesar 76%, hasil observasi penampilan guru sebesar 87% dan hasil tes belajar peserta didik sebesar 58%. Pada siklus II: hasil observasi aktivitas peserta didik sebesar 91%, hasil obsevasi penampilan guru sebesar 96% dan hasil tes belajar peserta didik sebesar 87%. Dengan demikian terjadi peningkatan pada hasil observasi aktivitas peserta didik sebesar 15%, hasil observasi penampilan guru sebesar 9% dan hasil tes belajar peserta didik sebesar 29%. Dengan hasil ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media articulate storyline 3 dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Maumere tentang materi Sistem Saraf Manusia.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Articulate Storyline 3


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ADRIANA NONA DIN - Personal Name
Student ID
1801040013
Dosen Pembimbing
PAULUS TAEK - - Dosen Pembimbing 1
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angela Gabriela Lika - 196402281989032002 - Ketua Penguji
PAULUS TAEK - - Penguji 1
Yusnaeni - 197502032000122001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 DIN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA