Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Fase E Kelas X SMA Negeri 3 Atambua Tahun Pelajaran 2023/2024

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Fase E Kelas X SMA Negeri 3 Atambua Tahun Pelajaran 2023/2024

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model Problem Based Learning (PBL) pada materi keanekaragaman hayati untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Fase E kelas X SMA Negeri 3 Atambua tahun pelajaran 2023/2024.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang mengangkat masalah-masalah aktual yang dilakukan oleh pendidik yang merupakan pencermatan kegiatan belajar yang berupa tindakan untuk memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran di kelas secara lebih profesional (Arikunto, 2012).
Setelah melakukan pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I, dimana nilai ketuntasan klasikal (KK) 6,66% dengan nilai observasi pendidik sebesar 95% dan nilai observasi peserta didik sebesar 93,7%. Siklus II, nilai ketuntasan klasikal (KK) 100% dengan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 100 dengan nilai observasi pendidik sebesar 97,5% serta nilai observasi peserta didik sebesar 98,75%. Siklus III, nilai ketuntasan klasikal (KK) 100% dengan nilai terendahnya 80 dan nilai tertingginya 100 dengan nilai observasi pendidik sebesar 100% serta nilai observasi peserta didik juga sebesar 100%.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi model Problem Based Learning (PBL) pada materi keaneakaragaman hayati dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik fase E kelas X SMA Negeri 3 Atambua tahun pelajaran 2023/2024.

Kata Kunci: Hasil Belajar Peserta Didik, Implementasi, Model Problem Based Learning (PBL)


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
GASPAR GONSALVES - Personal Name
Student ID
1901040037
Dosen Pembimbing
ANDAM S ARDAN - 197205271999032001 - Dosen Pembimbing 1
ARINI RAHMA DAN - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Ketua Penguji
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Penguji 1
ARINI RAHMA DANI - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 GON I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA