ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENJADI GURU EKONOMI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS NUSA CENDANA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENJADI GURU EKONOMI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS NUSA CENDANA KUPANG

XML

Salah satu faktor utama yang menentukan mutu pendidikan merupakan guru. Untuk menjadi guru mahasiswa atau calon guru lebih banyak memilih program studi kependidikan, demikian halnya dengan pendidikan ekonomi. Dalam perkembangan selanjutnya ada yang tidak tertarik sehingga dapat mencari jurusan lain hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat menjadi guru seperti dorongan orang tua, cita-cita, kelompok acuan, teman sebaya dan biaya pendidikan terjangkau terhadap minat menjadi guru ekonomi pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi di Universitas Nusa Cendana Kupang.
Motode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2019-2022. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 77 mahasiswa. Data yang digunakan adalah data primer dengan metode pengumpulan data menggunakan metode kuisioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kelompok acuan lebih dominan mempengaruhi minat menjadi guru ekonomi yaitu dengan nilai rata-rata 4,49. Selanjutnya variabel dorongan orang tua berpengaruh terhadap minat menjadi guru ekonomi yaitu dilihat dari nilai rata-rata sebesar 4,38, varibel biaya pendidikan terjangkau dengan nilai rata-rata sebesar 4,37, variabel teman sebaya sebesar 4,32 dan variabel cita-cita dengan nilai rata-rata sebesar 4,28 pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan di Universitas Nusa Cendana Kupang.
Kata kunci: faktor-faktor yang mempengaruhi, minat menjadi guru ekonomi.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIANI MARU WAKE - Personal Name
Student ID
1901080092
Dosen Pembimbing
Drs. Yeheskial Nggandung, M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Ari Data, S.Pd., MM - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 Wak. A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA