PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP DAN CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP DAN CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KUPANG

XML

Masalah dalam penelitian ini ialah apakah terdapat perbedaan hasil belajar sejarah yang diajarkan dengan metode field trip dan metode ceramah pada peserta didik SMA Negeri 2 Kupang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan metode pembelajaran Field Trip dan Ceramah terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 2 Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok pengamatan yaitu Kelas Eksperimen dengan menerapkan metode pembelajaran Field Trip dan Kelas Kontrol menggunakan metode pembelajaran Ceramah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 3 dan X 5 di SMA Negeri 2 Kupang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hopotesis yang digunakan adalah H_O = Tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada penerapan metode pembelajaran Field Trip dan Ceramah terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Kupang dan H_a = Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada penerapan metode pembelajaran Field Trip dan Ceramah terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Kupang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar mata pelajaran sejarah pada siswa SMA Negeri 2 Kupang antara yang diajarkan dengan metode Field Trip dan metode Ceramah. Perbedaan itu dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode Field Trip 85,20 lebih besar dari hasil belajar yang diajarkan dengan metode Ceramah sebesar 76,60. Dengan demikian penggunaan metode Field Trip memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Kupang.
Kata Kunci : Pengaruh, Metode,Field Trip, Ceramah, Pembelajaran


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
STEFANIA CALVIANI ULE - Personal Name
Student ID
1901090077
Dosen Pembimbing
Dr. H Djakariah, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
DELSY ASRIYANI DETHAN - 198212192014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Susilo Setyo Utomo, S. Pd, M. Pd - - Ketua Penguji
Dr. H Djakariah, M.Pd - - Penguji 1
Delsy A. Dethan - 198212192014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Ule. P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA