PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI KELAS V SD INPRES OELETA KECAMATAN ALAK KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI KELAS V SD INPRES OELETA KECAMATAN ALAK KOTA KUPANG

XML

Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning tentang sistem pencernaan makanan pada manusia di Kelas V SD Inpres Oeleta Kecamatan Alak Kota Kupang? Tujuan penelitian adalah untuk menigkatkan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning tentang sistem pencernaan makanan pada manusia di kelas V SD Inpres Oeleta Kecamatan Alak Kota Kupang. Subjek penelitian 25 orang yakni 8 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Metode penelitian yang di gunakan adalah dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, teknik tes, dan studi dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SD Inpres Oeleta dengan hasil penelitian pada siklus I dari 25 subjek penelitian 10 siswa (40%) yang tuntas dikarenakan memperhatikan penjelasan guru, aktif dalam diskusi kelompok, berani bertanya atau menyampaikan pendapat, dan mampu menjawab soal yang diberikan. Sedangkan 15 siswa (60%) belum tuntas karena siswa belum terbiasa dengan model problem based learning, tidak memperhatikan penjelasan guru, tidak aktif berdiskusi, tidak menanyakan materi yang belum dipahami, dan belum mampu menjawab soal yang diberikan. Pada siklus I guru kurang menguasai kelas dan hanya memperhatikan siswa yang aktif saja, belum membimbing siswa secara individual, guru kurang maksimal dalam membantu siswa menyimpulkan pembelajaran. Selanjutnya siklus II mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dari 25 subjek penelitian (100%) siswa tuntas karena guru sudah mampu menguasai kelas selama kegiatan pembelajaran, siswa sangat aktif dan antusias mengikuti pembelajaran serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggisehingga menjalin kerja sama yang baik, berani berbicara dan tampil dengan percaya diri di depan kelas untuk mempertanggungjawabkan hasil kerja mereka. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: problem based learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Irjen Senge - Personal Name
Student ID
1901140350
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Netty E.A. Nawa - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 SEN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA