UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG KOMPONEN EKOSISTEM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK DI SISWA KELAS V SD INPRES OETETE 2 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG KOMPONEN EKOSISTEM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK DI SISWA KELAS V SD INPRES OETETE 2 KUPANG

XML

Skripsi Oleh Yanuaria Hoar Bria, Nim 1901140099, dengan Judul Upaya meningkatkan hasil belajar IPA tentang komponen ekosistem melalui model pembelajaran gallery walk di Siswa Kelas V SDI Oetete 2 Kupang. rumusan masalah dari penelitian adalah: bagaimana penerapan model pembelajaran gallery walk dalam pembelajaran IPA tentang komponen ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDI Oetete 2 kupang. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan model pembelajaran gallery walk untuk meningkatkan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yakni
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada penelitian ini teknik analisis data yang digunakan peneliti untuk penelitian ini yakni dengan mencari rata-rata hasil belajar siswa melalui lembar observasi dan tes di kelas pada subyek penelitian yang berjumlah 25 siswa, dengan rincinan 12 siswa lakilaki dan 13 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). penerapan model pembelajaran gallery walk pada pembelajaran IPA tentang komponen ekosistem di kelas V SD Inpres Oetete 2 Kupang dapat dikatakan berhasil dengan kategori sangat baik. kategori tersebut dapat dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru yang mendapatkan nilai 78,,75% (baik) pada siklus I meningkat menjadi 93,75% (sangat baik) pada siklus II, Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa mendapatkan nilai 68% (cukup) pada siklus I dan meningkat menjadi 85,7% (sangat baik) pada siklus II. 2) Hasil belajar siswa pada penelitian ini juga mengalami peningkatan dengan kategori baik. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari presentase ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I 36% (sangat kurang) siswa tuntas, kemudian meningkat menjadi 92% (sangat baik) pada siklus II.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Gallery Walk, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yanuaria Hoar Bria - Personal Name
Student ID
1901140099
Dosen Pembimbing
ANDREAS ANDE - 19621010198903 1 004 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Bri U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA