UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING PADA SISWA KELAS XI TKL2 SMK NEGERI 5 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING PADA SISWA KELAS XI TKL2 SMK NEGERI 5 KUPANG

XML

Novensius Nong Flori, Nim. 1901090016 menulis Skripsi ini dengan judul Upaya Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Model Blended Learning Pada Siswa Kelas XI TKL 2 SMK Negeri 5. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model blended learning pada siswa kelas XI TKL 2 SMK Negeri 5 Kupang. (2) apakah ada peningkatan hasil belajar sejarah dengan menggunakan model pembelajaran blended learning pada siswa kelas XI TKL² SMK Negeri 5 Kupang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar sejarah dengan menerapkan model blended learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas ( PTK). Langkah langkah dalam PTK adalah perencanaan ,pelaksanaan, pengamatan, refleksi.Teknik pengumpulan data dilakukan dilakukan dengan lembar observasi secara deskriptif kualitatif, dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil observasi dan hasil analisis siswa sebelum menerapkan model blended learning dari 35 siswa terdapat 12 orang yang nilainya tuntas atau mencapai KKM dengan prsentase (34,29%)sedangkan 23 siswa belum mencapai KKM dengn presentase (65,71%). Hasil tes siklus I terdapat 20 siswa yang tuntas atau sama dengan (57,14% ) Sedangkan siswa yang mendapat nilai di bawah KKM atau yang belum tuntas sebanyak 15 orang atau sama dengan (42,86%.) Ketuntasan belajar terjadi apabila nilai lebih mencapai KKM ≥ 75. Dari hasil refeleksi siklus I ketuntasan belajar siswa belum tercapai. Sehingga peneliti melanjutkan ke siklus II. Berdasrkan hasil analisis di ketahui dari 35 siswa yang mengikuti evaluasi tes pada siklus II terdapat 27 siswa yang tuntas dengan presentase (77,14%.) Dari hasil tersebut penelitian di lanjutkan ke siklus III peneliti menilai bahwa, ketuntasan belajar siswa belum tercapai. Berdasrkan hasil analisis di ketahui dari 35 siswa yang mengikuti tes pada siklus III terdapat 31 siswa yang tuntas dengan presentase ( 88,57%). Dari hasil tersebut peneliti menyatakan penelitian tindakan kelas dihentikan karena target ketuntasan telah tercapai dan dapat disimpulkan bahwa model blended learning dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI TKL² SMK Negeri 5 Kupang

Kata Kunci: Hasil Belajar, Sejarah, Model Blended Learning.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
NOVENSUS NONG FLORI - Personal Name
Student ID
1901090016
Dosen Pembimbing
Susilo S. Utomo - 19890624201404 - Dosen Pembimbing 1
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 19861029201903008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Susilo S. Utomo - 1989062420140441001 - Ketua Penguji
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 198610292019031008 - Penguji 1
Djakariah - 196612051991031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidkan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Flo U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA