Pengaruh Lama Perendaman Dan Konsentrasi Atonik Terhadap Perkecambahan Benih Jagung Manis (Zea mays saccharata sturt L)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Lama Perendaman Dan Konsentrasi Atonik Terhadap Perkecambahan Benih Jagung Manis (Zea mays saccharata sturt L)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian konsentrasi atonik, lama perendaman dan kombinasi atonik serta lama perendaman terhadap perkecambahan benih jagung manis (Zea mays saccharata sturt L). Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2023 yang bertempat di Kelurahan Liliba,Kecamatan Oebobo,Kota Kupang.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan percobaab Faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi atonik (A) dengan 4 taraf yaitu A0 (kontrol), A1 ( konsentrasi 25%), A2 (konsentrasi 50%), K3 (konsentrasi 75%). Sedangkan faktor kedua adalah lama perendaman (P) dengan 3 taraf yaitu P1 (1 jam), P2 (3 jam) dan P3 (5 jam), sehingga terdapat 12 kombinasi perlakuan. Setiap kombinasi dilakukan pengulangan sebanyak 3 kali, sehingga terdapat 36 unit pengamatan. Hasil pengamatan terhadap pemberian konsentrasi atonik dan lama perendaman menunjukan nilai rata-rata tertinggi jagung manis yaitu pada kombinasi perlakuan A2P3 (atonik 50% dan perendaman 5 jam) menghasilkan kecepatan benih berkecambah dan daya perkecambahan, untuk kombinasi perlakuan A2P2 (atonik 50% dan perendaman 3 jam) menghasilkan tinggi plumula tertinggi kombinasi perlakuan A1P2 (atonik 25% dan perendaman 3). Data dianalisis menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA). Apabila terdapat beda nyata (Fhitung > Ftabel) maka akan dilanjutkan dengan uji lanjut BNT 5%.
Data hasil perhitungan analisis sidik ragam (ANOVA) menunjukan bahwa Fhitung > Ftabel pada perlakuan konsentrasi atonik pada parameter kecepatan perkecambahan, tinggi plumula dan panjang radikula, sedangkan Fhitung < Fabel pada perlakuan konsentrasi atonik pada parameter daya perkecambahan. Fhitung > Ftabel pada perlakuan lama perendaman pada parameter panjang radikula, sedangkan Fhitung < Ftabel pada perlakuan lama perendaman untuk parameter kecepatan benih berkecambah, daya perkecambahan dan tinggi plumula. Nilai Fhitung < Ftabel untuk semua perlakuan kombinasi atonik dan lama perendaman. Data hasil uji ANOVA kemudian diuji lanjut BNT. Data menunjukan bahwa konsentrasi atonik berpengaruh terhadap kecepatan perkecambahan, tinggi plumula dan panjang radikula ,tetapi tidak berpengaruh pada daya perkecambahan dan lama perendaman tidak berpengaruh terhadap kecepatan perkecambahan, daya perkecambahan dan tinggi plumula tetapi berpengaruh terhadap panjang radikula Dan interaksi perlakuan atonik dan lama perendaman tidak berpengaruh terhadap semua parameter pengamatan kecambah jagung manis.

Kata kunci : Konsentrasi atonik, Lama perendaman, Perkecambahan, Jagung Manis (Zea mays saccharata sturt L)


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901040029
Dosen Pembimbing
NIKMAH - 196410231990012001 - Dosen Pembimbing 1
Paulus Taek - 19600626 199512 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yusnaeni - 197502032000122001 - Ketua Penguji
Nikmah - 196410231990012001 - Penguji 1
PAULUS TAEK - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 BAB P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA