Perilaku Pelanggan Ojek Konvensional (Studi Kasus Jalan Farmasi, Kelurahan Liliba, Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Perilaku Pelanggan Ojek Konvensional (Studi Kasus Jalan Farmasi, Kelurahan Liliba, Kota Kupang)

XML

Judul dari penelitian ini adalah “Perilaku Pelanggan Ojek Konvensional (Studi Kasus Jalan Farmasi, Kelurahan Liliba, Kota Kupang)”. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perilaku pelanggan ojek konvensional.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perilaku pelanggan ojek konvensional. Penelitian ini menggunakan teori Pertukaran Sosial dari George Homans. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penegasan kesimpulan. Teknik penarikan informan yang digunakan adalah purposive sampling. Informan dalam berjumlah 8 orang yang terdiri dari 6 tukang ojek dan 2 pelanggan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proposisi-proposisi dari perilaku sosial menjelaskan bagaimana perilaku pelanggan terhadap tukang ojek. Berdasarkan teori diatas peneliti menemukan beberapa hasil penelitian mengenai perilaku pelanggan yang masih menggunakan jasa ojek konvensional diantaranya ketepatan waktu, rasa empati, hubungan kedekatan, fleksibilitas harga, rasa senang, rasa kecewa, dan hemat waktu tenaga. Dari hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan Pemerintah lebih memperhatikan pengguna jalan khususnya roda dua mengenai kelengkapan pengendara motor. kita sebagai pelanggan juga sadar akan keselamatan dengan menyediakan helm pribadi serta bayar membayar jasa tukang ojek sesuai dengan kesepakatan, serta melakukan proses tawar menawar dengan sewajarnya.Sebagai tukang ojek harus sadar akan keselamatan berkendara dengan menyediakan atribut berkendara, serta berilah pelayanan yang baik sehingga masyarakat pun tetap menggunakan jasa ojek dan juga tidak berlebihan dalam menentukan harga jasa penggunaan ojek.

Kata Kunci : Ojek Konvensional, Perilaku, Pelanggan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Sofiana Yasinta Mimi - Personal Name
Student ID
1703030080
Dosen Pembimbing
ARIS LAMBE - 196205021990031001 - Dosen Pembimbing 1
CHRISTINE ERIKA MEKA - 198501072008122004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Aris Lambe - 196205021990031001 - Ketua Penguji
Christine Erika Meka - 198501072008122004 - Penguji 1
Hotlif Arkilaus Nope - 197711242005011002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Mim P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA