Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing oleh Guru PPKn untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VII SMP Negeri 1 Atap Fatukopa

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing oleh Guru PPKn untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VII SMP Negeri 1 Atap Fatukopa

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Oleh Guru PPKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VII SMP Negeri 1 Atap Fatukopa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuntitatif dengan jenis penelitian dan desain penelitian Quasy Experimental Design atau yang biasa disebut dengan eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control design, penelitian ini memiliki dua kelompok sebagai subjek peneltian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk responden penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B SMP Negeri 1 Atap Fatukopa. Penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Data yang diperoleh berupa nilai pretest-posttest. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik tes berupa soal pilihan ganda dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis menggunakan SPSS version 26 untuk melihat uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat kemudian dilanjutkan dengan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukan beberapa hal sebagai berikut: Pertama, pada uji normalitas (uji kolmogorov-Smirnov) pada kelas eksperimen yaitu nilai sig 0.200 dan 0.113 sedangkan kelas kontrol 0.197 dan 0.200, dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada pada uji normalitas dari kedua kelas tersebut memiliki nilai sig>0.05, maka data tersebut berdistribusi normal. Kedua, Uji homogenitas untuk kedua kelas, diperoleh nilai 0.768 > 0.05 dengan melihat dasar pengambilan keputusan yang ada, pada uji homogenitas data tersebut berdistribusi homogen (sama). Ketiga, uji-t dengan menggunakan rumus uji independent sampel t-test maka diperoleh nilai t = 3.366 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.001 < 0,05 maka dapat simpulkan bahwa menunjukan pengaruh yang signifikan pada penerapan model Inkuiri Terbimbing Oleh Guru PPKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VII SMP Negeri 1 Atap Fatukopa.

Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing,Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DANCE FOLIS BANAMTUAN - Personal Name
Student ID
1901070022
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Daud Yefkanius Nassa - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Daud Yefkanius Nassa - 9908419488 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Ban P
Copyright
individu penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA