PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 KUPANG

XML

“Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatan HasilBelejar Sejarah Pada Siswa Kelas X IPS di Sma Negeri 11 Kupang. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 11 Kupang?. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian di SMAN 11 Kupang. Teknik pengumpulan data: tes dan observasi aktivitas. Hasil dan pembahasan : Hasil penelitian menunjukan peningkatan di setiap siklus. Pada pra siklus siswa yang mencapai KKM sebanyak 9 orang dengan presentase ketuntasan (38%) sedangkansiswa yang belum mencapaiKKM sebanyak 13 orang dengan presentase ketuntasan (62%), pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 15 siswa dengan presentase ketuntasan (71%),sedangkan siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 6 orang dengan presentase (29%) dan nilai rata-rata sebesar 73. Pada siklus II siswa juga mengalami peningkatan hasil belajar terdapat 19 orang siswa yang mencapai KKM denganpresentase ketuntasan sebesar 91%. Sedangkan siswa yang belum mencapai KKMsebanyak 2 orang dengan presentase ketuntasan sebesar (9%). Dengan skor ratarata yang diperoleh siswa pada tindakan siklus II adalah sebesar 82. Aktivitas belajar siswa kelas X IPS SMAN 11 Kupang dan aktivitas guru pada pelaksaan siklus I juga mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai yang dipaparkan pada setiap tabel observasi pembelajaran siswa yaitu pada siklus presentase ketuntasan aktivitas belajar siswa sebesar (68%) dan presentase aktifitas guru (70%). Pada siklus II juga mengalami peningkatan aktivitas belajar denganpesentase sebesar 82% dan presentase aktivitas guru sebesar 93%.
KataKunci: Pembelajaran Sejarah, Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL), Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ADEANGGI S. INGUNAU - Personal Name
Student ID
1901090134
Dosen Pembimbing
Susilo Setyo Utomo, S.Pd, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fransina A. Ndoen, S.Pd., M.Pd - - Ketua Penguji
Susilo Setyo Utomo, S. Pd, M. Pd - - Penguji 1
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Ing P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA