PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAPA HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SUHUDAN KALOR SISWA KELAS V SDI HALIBENAUS KAB.MALAKA

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAPA HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SUHUDAN KALOR SISWA KELAS V SDI HALIBENAUS KAB.MALAKA

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunkan model Discovery Learning pada
tema 6 subtema 1 tentang materi suhu dan kalor kelas di SDI Halibenaus. Jenis penelitian adalah penelitian Pre-experimen Design tipr one grup sampel yang
digunakan peneliti sebanyak 18 siswa yang terdapat pada kelas V. Teknik pengambilan data yang digunakan oleh peneliti yaitu data populatif, artinya semua
data yang digunakan dapat dijadikan data. Teknik dan instrument data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa pretest dan posttest untuk
mengukur hasil belajar siswa. Soal tes yang digunakan sebelumnya sudah dilakukan uji validasi dan reabilitasi terlebih dahulu. Setelah peneliti mengumpulkan data selanjutnya menggunakan uji hipotesis. Hasil penelitian yang sudah dibuktikan adanya pengaruh yang signifikan antara model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan jumblah rata-rata yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning mencapai 85,00 lebih tinggi dari nilai tes sebelum melekukan perlakuan dengan menggunakan model Discovery Learning pada pembelajaran hanya mencapai 53,75pengajian dengan menggunakan spss versi 20 dilakukan dengan uji T yaitu paired sampel T-Test. Diperoleh nilai signifikan nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 <0,05. Maka peneliti dapat menyimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara data pretest dan posttest. hal ini menunjukan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara variabel serta terdapat pengaruh pada setiap variabel maka peneliti menyimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA. Saat sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan model Discovery Learning
Kata kunci:Discovery Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Aurelia Charmita Bria - Personal Name
Student ID
1901140341
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GAH - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Bri P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA