PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MATA PELAJARAN PKN KELAS V SD INPRES RSS OESAPA KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MATA PELAJARAN PKN KELAS V SD INPRES RSS OESAPA KOTA KUPANG

XML

Skripsi oleh Hafis Lamabelawa, NIM 1901140134, dengan judul “Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Mata Pelajaran PKN Kelas V SD Inpres RSS Oesapa Kota Kupang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Signifikan Antara Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Mata Pelajaran PKN Kelas V SD Inpres RSS Oesapa Kota Kupang. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa dan siswi kelas V, sedangkan sampelnya yaitu siswa dan siswi kelas VA. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa : Kusioner atau Angket, Observasi dan Dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukan rata-rata profesionalisme guru yang diambil berdasarkan angket berada pada 4,1, 4,3, dan 4,4 dari aspek 1 sampai aspek 3 dan berada pada kategori cukup bagus. Sedangkan rata-rata motivasi belajar yang diambil berdasarkan angket berada pada 4,3, 4,1, dan 3,7 dari aspek 1 sampai 3 dan berada pada kategori cukup bagus. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat penagruh signifikan antara profesioonalisme guru terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji t dapat diketahui bahwa dengan membandingkan nilai Sig (2-tailed) = 0,000 < α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak yang artinya profesionalisme guru tidak mempengaruhi motivasi siswa untuk belajar dan diterima Ha yang artinya profesinalisme guru mempengaruhi motivasi siswa untuk belajar.
Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Motivasi Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Hafis Lamabelawa - Personal Name
Student ID
1901140134
Dosen Pembimbing
ANTONIUS SUBAN HALI - 197809172009121004 - Dosen Pembimbing 1
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Antonius Suban Hali, S.Si., M.Si. - 19780917 200912 1 004 - Ketua Penguji
Markus Sampe, S.Pd., M.M - - Penguji 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Lam P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA