PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS V SDI BERTINGKAT PERUMNAS 3 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS V SDI BERTINGKAT PERUMNAS 3 KOTA KUPANG

XML

Skripsi oleh, Maria Ariyanti Bria, Nim 1901140242, PGSD tahun 2023 dengan Judul” Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn di Kelas V SDI Bertingkat Perumnas 3 Kota Kupang.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui cara ada tidaknya pengaruh pembelajaran Problem Based Learning dalam mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN di SDI Bertingkat Perumnas 3 Kota Kupang. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantiatif. teknik pengumpulan data yakni observasi, tes dan studi dokumentasi,Teknik analisis data yakni deskriptif kuantitatif dengan subjek berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 2 kelas. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 20 soal yang telah divalidasikan ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu t-test. Pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning diperoleh rata-rata pre test 52,8%. Pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional diperoleh rata-rata post test 68,64 Berdasarkan uji t pada data post tes bahwa diperoleh model Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SDI Bertingkat Perumnas 3 Kota. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu 0, 173 > 2,010 (n=20) dengan taraf signifikan 0, 05 atau 5% yang menyatakan Ha diterima dan H0 di tolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDI Bertingkat Perumnas 3 Kota Kupang.

Kata Kunci: Problem Based Learning Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Ariyanti Bria - Personal Name
Student ID
1901140242
Dosen Pembimbing
ANDREAS ANDE - 19621010198903 1 004 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1
Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Bri P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA