Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS V SDI BERTINGKAT PERUMNAS 3 KOTA KUPANG
XMLSkripsi oleh, Maria Ariyanti Bria, Nim 1901140242, PGSD tahun 2023 dengan Judul” Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn di Kelas V SDI Bertingkat Perumnas 3 Kota Kupang.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui cara ada tidaknya pengaruh pembelajaran Problem Based Learning dalam mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN di SDI Bertingkat Perumnas 3 Kota Kupang. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantiatif. teknik pengumpulan data yakni observasi, tes dan studi dokumentasi,Teknik analisis data yakni deskriptif kuantitatif dengan subjek berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 2 kelas. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 20 soal yang telah divalidasikan ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu t-test. Pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning diperoleh rata-rata pre test 52,8%. Pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional diperoleh rata-rata post test 68,64 Berdasarkan uji t pada data post tes bahwa diperoleh model Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SDI Bertingkat Perumnas 3 Kota. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu 0, 173 > 2,010 (n=20) dengan taraf signifikan 0, 05 atau 5% yang menyatakan Ha diterima dan H0 di tolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDI Bertingkat Perumnas 3 Kota Kupang.
Kata Kunci: Problem Based Learning Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Maria Ariyanti Bria - Personal Name
|
Student ID |
1901140242
|
Dosen Pembimbing |
ANDREAS ANDE - 19621010198903 1 004 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1 Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Bri P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |