Peranan Yayasan Bambu Lestari Dalam Upaya Pemanfaatan Bambu Sebagai Sumber Daya Ekonomi Bagi Masyarakat (Studi Kasus Kelompok Subinana, Desa Nginamanu, Kecamatan Wolomeze, Kabupaten Ngada)

Detail Cantuman

Skripsi

Peranan Yayasan Bambu Lestari Dalam Upaya Pemanfaatan Bambu Sebagai Sumber Daya Ekonomi Bagi Masyarakat (Studi Kasus Kelompok Subinana, Desa Nginamanu, Kecamatan Wolomeze, Kabupaten Ngada)

XML

Hasil Hutan Bukan Kayu yang disingkat NTFPS Bambu di Nusa Tenggara Timur memiliki potensi yang cukup besar untuk mempengaruhi kehidupan masyarakat, salah satunya adalah bambu yang dapat menghasilkan beberapa produk yang dijadikan sebagai sumber penghasil tambahan bagi masyarakat Desa Nginamanu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan bambu dan mengetahui peranan Yayasan Bambu Lestari dalam membantu perekonomian masyarakat terkhusus penganyam Subinana di Desa Nginamanu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Hasil penelitian yang didapat melalui metode wawancara yang dibantu dengan kuesioner terlampir. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan Yayasan Bambu Lestari memberikan sosialisasi dan pelatihan anyaman bambu, mempromosikan anyaman, melakukan penanaman bibit bambu dengan masyarakat, memberikan pelatihan anyaman kepada anak-anak sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Perubahan Ekonomi Masyarakat setelah adanya Yayasan Bambu Lestari yang dirasakan oleh masyarakat penganyam yakni membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari selain itu dari hasil anyaman juga membantu dalam membayar uang sekolah anak-anak mereka.

Kata Kunci :Yayasan Bambu Lesari. HHBK Bambu. Pemberdayaan Masyarakat, Perubahan Ekonomi.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA ERWINDA BOUK - Personal Name
Student ID
1904070060
Dosen Pembimbing
RONI HAPOSAN SIPAYUNG - - Dosen Pembimbing 1
Ludji M. Riwu Kaho - 196307241987021002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
RONI HAPOSAN SIPAYUNG - - Ketua Penguji
Ludji M. Riwu Kaho - 196307241987021002 - Penguji 1
Norman P. L. B. Riwu Kaho - 19841012 201012 1 006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54251
Edisi
Published
Departement
Kehutan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.51 BOU P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA